Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Murah Infinix dan Oppo Banyak Diburu di Pusat Perbelanjaan Ponsel

Kompas.com - 21/06/2023, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel Oppo dan Infinix banyak dicari calon pembeli smartphone di sejumlah gerai ponsel di Jakarta.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di ITC Roxy Mas, Senin (12/6/2023), sejumlah toko ponsel mengaku bahwa merek HP yang laku beberapa bulan terakhir ini adalah Infinix, Oppo, dan Samsung. 

"Kalau dari budget murah dan spesifikasi tinggi, Infinix itu juara dan banyak dicari. Segmen budget HP murah ini belakangan diminati," kata seorang pemilik toko di ITC Roxy Mas bernama Liensy.

Beberapa penjual HP di pusat perbelanjaan lain, seperti di ITC Kuningan, Mal Ambassador, ITC Cempaka Mas, Pusat Grosir Cililitan, hingga Lippo Karawaci juga mengatakan hal serupa. 

Mayoritas toko HP di tempat-tempat tersebut menjelaskan bahwa merek-merek ponsel seperti Oppo, Samsung, hingga Infinix, terutama ponsel di rentang harga Rp 2 juta - Rp 3 jutaan, kini sedang banyak diburu konsumen. 

Baca juga: Ponsel Murah di Indonesia Makin Laris berkat Samsung dan Infinix

"Merek HP yang ramai di awal tahun ini Samsung dan Oppo. Tetapi, Infinix belakangan juga dicari karena merek ini lagi 'naik daun'. Sebab, sekarang sepertinya banyak orang yang cari HP spesifikasi bagus dengan harga murah," ujar seorang penjaga toko dari 88 Cell di ITC Kuningan, yang enggan disebutkan namanya.

"Smartphone yang paling laris belakangan adalah Infinix, mulai dari Infinix Smart 7 dan Infinix Hot 30i, serta Oppo mulai dari Oppo A57 dan Oppo A77s," jelas seorang penjaga toko ponsel Vivi Celullar di PGC.

HP murah Xiaomi sepi peminat

Suasana pusat perbelanjaan HP di ITC Kuningan pada Senin (12/6/2023) yang sepi pengunjung.KOMPAS.com/Bill Clinten Suasana pusat perbelanjaan HP di ITC Kuningan pada Senin (12/6/2023) yang sepi pengunjung.

Selain menyebut merek ponsel terlaris, mayoritas toko HP di sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta dan sekitarnya juga kompak menyebut bahwa Xiaomi kurang banyak dicari konsumen saat ini. 

Hal ini karena HP Xiaomi di rentang harga Rp 2 juta - Rp 3 jutaan jarang diminati konsumen Tanah Air. Pasalnya, di rentang harga tersebut, beberapa konsumen justru melirik merek HP lain yang memiliki spesifikasi lebih mumpuni. 

"Sekarang orang pilih Xiaomi kalau mereka gemar main game saja. Kalau di kisaran harga Rp 2 jutaan, jarang yang pilih Xiaomi karena kalah dengan merek sebelah," ujar seorang penjaga toko bernama Hapeku Cellular Shop di ITC Roxy Mas. 

Di toko lain, seorang karyawan yang juga enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa biasanya konsumen mencari smartphone Xiaomi untuk segmen mid-range atau di atasnya.

"Biasanya yang mencari HP Xiaomi di segmen lain (mid-range atau di atasnya), karena memang sudah fanatik dan sangat gemar dengan merek tersebut. Sebab, Xiaomi di rentang harga Rp 2 jutaan sudah jarang yang beli," ujar karyawan tersebut.

Meski demikian, di beberapa pusat perbelanjaan, seperti di PGC dan Lippo Karawaci, HP Xiaomi masih dilirik konsumen karena spesifikasi yang ditawarkan. 

"Yang laris belakangan di toko kami itu selain Oppo dan Infinix adalah Xiaomi," ungkap seorang karyawan di toko SS Com yang ada di PGC.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com