Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Tombol Shutdown pada Sistem Operasi Windows

Kompas.com - 03/07/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai pengguna komputer sehari-hari, khususnya laptop Windows, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan fitur-fitur dasar dari laptop Windows. Salah satunya adalah saat akan mengaktifkan maupun menonaktifkan laptop.

Saat akan mengaktifkan, Anda hanya perlu menekan tombol power yang berada di area laptop maupun CPU. Sedangkan untuk menonaktifkan, pengguna perlu menekan tombol shutdown yang biasanya terletak di area Windows.

Untuk menjangkaunya, pengguna perlu mengklik ikon Windows selanjutnya memilih tombol power dan mengklik "Shutdown". Namun sebelum menekan tombol ini, pastikan Anda sudah menutup berbagai menu di folder laptop maupun beberapa tab di peramban Anda.

Melihat fungsi dasarnya untuk mengoperasikan daya on/off laptop, lantas apa pengertian tombol shutdown dan fungsinya pada sistem operasi Windows? Selengkapnya, berikut ini ulasannya.

Baca juga: Apakah Force Shutdown Pada Laptop Berbahaya? Begini Penjelasannya

Pengertian tombol shutdown

Dilansir dari Computer Hope, shutdown merupakan tombol yang berfungsi untuk menutup semua program perangkat lunak sebagai persiapan untuk mematikan daya komputer. Sistem operasi ini merupakan program terakhir yang ditutup sebagai bagian dari proses mematikan komputer.

Pengguna disarankan agar semua komputer dimatikan dengan benar untuk membantu mencegah kerusakan data. Salah satunya adalah dengan prosedur yang sesuai melalui tombol shutdown.

Tombol shutdown umumnya berada di bagian depan atau samping perangkat, atau terintegrasi sebagai opsi dalam menu Start atau menu daya pada sistem operasi.

Saat tombol shutdown ditekan, sistem operasi akan memulai proses penutupan yang mencakup langkah-langkah seperti menutup program yang sedang berjalan, menyimpan data yang belum disimpan, menghentikan layanan, dan akhirnya mematikan perangkat secara keseluruhan.

Shutdown menjadi langkah penutupan yang terkontrol dan aman, serta memastikan bahwa semua proses dan data disimpan dengan benar sebelum perangkat dimatikan.

Fungsi tombol shutdown pada sistem operasi

Terdapat beberapa fungsi tombol shutdown pada sistem operasi, meliputi:

Mematikan sistem secara aman

Saat tombol shutdown ditekan, sistem operasi akan memberikan perintah kepada komputer untuk menutup semua proses yang sedang berjalan dengan cara yang benar. Ini termasuk menutup program yang sedang berjalan, menyimpan data yang belum disimpan, dan mematikan perangkat secara keseluruhan.

Menghentikan program yang tidak responsif

Saat ada program yang tidak merespons atau mengalami kegagalan, tombol shutdown biasanya menjadi pilihan untuk memaksa penutupan program tersebut.

Dalam beberapa kasus, program yang macet atau tidak merespons dapat menghambat kinerja sistem secara keseluruhan. Dengan menekan tombol shutdown, Anda dapat mematikan program tersebut dan memulai ulang sistem dengan bersih.

Melakukan pembaruan dan perbaikan sistem

Tombol shutdown juga berfungsi untuk melakukan pembaruan pada sistem operasi. Tak jarang dalam beberapa momen tertentu, ketika pengguna menekan tombol shutdown, juga dilakukan pembaruan sistem Windows.

Cara shutdown Windows dengan tombol shortcuts

Selain menggunakan fitur menu shutdown, pengguna juga bisa menonaktifkan melalui shortcut keyboard. Berikut ini caranya.

Ada tiga kombo tombol pintas yang dapat digunakan untuk mematikan PC/Laptop Windows. Tombol pintas ini adalah sebagai berikut:

Alt + F4

Fungsi ShutdownKompas.com/soffyaranti Fungsi Shutdown

  • Tekan tombol ALT + F4
  • Tunggu beberapa saat, nantinya akan muncul pop-up dan pilih "Shutdown"

Ctrl + Alt + Del

  • Tekan Ctrl + Alt + Del secara bersamaan 
  • Nantinya akan muncul layar biru dan beberapa pilih untuk tindakan shutdown

Win + X

Saat pengguna mulai menekan shortcut Windows + X, nantinya akan muncul menu bar sebelah kiri, kemudian pilih opsi "Shutdown".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com