Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Force Shutdown Pada Laptop Berbahaya? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 20/03/2023, 18:10 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Penggunaan laptop yang masif tak jarang menimbulkan berbagai error. Salah satunya laptop atau PC yang tiba-tiba berhenti, mengalami lag, dan lainnya. Biasanya beberapa pengguna akan melakukan beberapa cara.

Salah satunya dengan melakukan Force Shutdown. Cara ini dirasa ampuh untuk mengatasi PC/laptop yang lag. Kendati demikian beberapa pengguna beranggapan cara ini cukup membahayakan bagi hardware laptop? Lantas bagaimana penjelasannya? berikut ini uraiannya. 

Baca juga: Perbedaan Komponen Hardware, Software, dan Brainware dalam Komputer

Apa itu Force Shutdown?

Force Shutdown merupakan tindakan untuk mematikan komputer secara paksa tanpa melakukan proses shutdown yang normal. Hal ini berarti pengguna langsung menekan tombol power atau mencabut sumber daya, seperti kabel atau baterai laptop.

Saat melakukan Force Shutdown pengguna tak melakukanya dengan langkah-langkah dengan bantuan fitur Shutdown di Windows/PC mereka. Adapun beberapa pengguna menganggap cara ini cukup ampuh mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada laptop.

Lantas apakah Force Shutdown aman dilakukan? Dilansir dari Reader’s Digest menurut Damien Mason seorang pakar teknologi dari Pro Privacy mengungkapkan bahwa tak masalah apabila pengguna melakukan Force Shutdown karena terpaksa.

Meskipun banyak sumber yang mengatakan bahwa Force Shutdown memicu kerusakan fatal, namun menurut Damien, saat ini Power Supply Unit (PSU) pada komputer lebih modern dengan memiliki teknologi untuk mengatasi pemadaman listrik secara mendadak. Hal ini sama saja dengan ketika pengguna melakukan Force Shutdown pada laptop.

Sehingga melakukannya sesekali tidak akan membahayakan perangkat Anda. Mason menambahkan, bahwa cara ini juga bisa jadi bermanfaat dalam situasi tertentu. Salah satunya sebagai cara mengatasi PC yang mogok hingga menjadi protokol keamanan untuk memerangi peretas.

Baca juga: 5 Cara Bersih-bersih Laptop agar Tidak Lemot

Namun pengguna tetap dianjurkan untuk membiasakan diri melakukan Shutdown dengan tahapan yang benar yaitu melalui fitur dan menu “Shutdown” dalam tombol menu Windows.

Melakukan langkah-langkah Shutdown dengan benar, juga akan memungkinkan program menyimpan dengan baik, mengurangi potensi file yang corrupt hingga hilang. Oleh karena itu sebaiknya pengguna tidak melakukan Force Shutdown kecuali dalam keadaan darurat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com