Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Bakal Rilis HP "Teleportrait" di Indonesia, Reno Series?

Kompas.com - 04/07/2023, 16:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo mengungkapkan bakal meluncurkan smartphone baru di Indonesia. HP baru itu disebut bakal mewarisi salah satu fitur unggulan dari smartphone flagship Oppo Find X6 Pro 5G yang hanya eksklusif di pasarkan di China.

Fitur tersebut adalah mode kamera teleportrait. PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengungkapkan, fitur teleportrait memungkinkan pengguna memotret obyek dengan latar belakang bokeh (blur) dari jarak yang cukup jauh.

"Oppo Indonesia berupaya memperkenalkan teknologi (kamera teleportrait) yang ada di Find X6 Pro ini, ke perangkat Oppo seri lain dengan harga yang lebih terjangkau untuk banyak orang," kata Aryo saat hadir di acara Oppo APAC (Asia-Pasifik) Vitality Imaging Tour yang berlangsung di Bali pada akhir Juni 2023.

Baca juga: Cara Oppo Find X6 Pro Bikin Foto Bokeh dari Jarak Jauh

Saat ditanya perangkat apa yang bakal membawa teknologi kamera telefoto seperti Oppo Find X6 Pro, Aryo hanya menjawab "tunggu saja kehadiran perangkat ini dalam waktu dekat".

Kalau tidak ada halangan, kata Aryo, perangkat Oppo baru dengan teknologi teleportrait itu bakal dirilis satu hingga dua bulan ke depan.

Aryo enggan memberikan bocoran perangkat Oppo seri mana yang direncanakan masuk ke Indonesia dengan fitur teleportrait seperti Oppo Reno X6 Pro.

Namun bila melihat riwayat perangkat Oppo, selama ini, fitur "portrait" menjadi fitur andalan Oppo Reno series. Fitur portrait telah melengkapi jajaran ponsel Reno series, mulai dari Reno4 hingga Reno6. Terakhir, Oppo Reno 8 series yang mengusung tagline "The Portrait Expert".

Dengan melihat riwayat tersebut, tak menutup kemungkinan smartphone baru yang bakal dirilis Oppo dalam waktu 1-2 ke depan adalah Oppo Reno Series. Namun, hal ini masih perlu menunggu pengumuman resmi dari Oppo Indonesia.

Hingga kini, Oppo belum memberikan bocoran soal HP baru dengan fitur teleportrait tersebut. Aryo hanya menyebut, Oppo Indonesia berharap HP baru Oppo itu nantinya memungkinkan lebih banyak konsumen yang bisa merasakan teknologi flagship tersebut dengan harga yang lebih murah.

Baca juga: Oppo Reno 10 Series Resmi, Versi Pro Pakai Charger 100 Watt

Hal ini serupa ketika Oppo "merakyatkan" teknologi pengisian cepat (fast charging) SuperVOOC. Awalnya, kata Aryo, fitur fast charging SuperVOOC itu hanya ada di lini flagship Oppo. Namun kini, fitur tersebut sudah mulai dibawa ke ponsel dengan harga yang lebih terjangkau.

Foto bokeh jarak 7 meter

Oppo Find X6 Pro punya tiga kamera belakangm, yaitu kamera utama 50MP (f/1.8, Sony IMX989, OIS, 1-inci, PDAF), kamera ultrawide 50MP (f/2.2, Sony IMX890, 1/1.56-inch, mode makro), dan kamera telefoto 50MP (f.2.6, Sony IMX890, OIS, 1/1.56-inci).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo Find X6 Pro punya tiga kamera belakangm, yaitu kamera utama 50MP (f/1.8, Sony IMX989, OIS, 1-inci, PDAF), kamera ultrawide 50MP (f/2.2, Sony IMX890, 1/1.56-inch, mode makro), dan kamera telefoto 50MP (f.2.6, Sony IMX890, OIS, 1/1.56-inci).
Oppo Find X6 Pro 5G menjadi ponsel flagship teranyar Oppo yang mengedepankan aspek kamera. Salah satu nilai jual kameranya adalah mode teleportrait baru dengan zoom 1x, 2x, dan 3x.

Menurut Imaging Product Manager Oppo, Bai Lan, seri Find X6 Pro ini memungkinkan pengguna mengambil foto sejauh 7 meter dalam mode potret. Kemampuan ini disebut-sebut salah satu (kamera teleportrait) yang paling jauh di industri smartphone saat ini.

Hal itu dimungkinkan berkat lensa XCD 30mm dan XCD 80mm Hasselblad yang disematkan pada Oppo Find X6 Pro. Kedua lensa ini memiliki focal lengths (panjang fokus) di 24mm dan 65mm.

Baca juga: Unboxing dan Menjajal Kamera Oppo Find X6 Pro 5G di Bali

Oppo juga bekerja sama dengan Hasselblad, perusahaan kamera asal Swedia,untuk membuat algoritma bokeh yang canggih untuk gambar potret.

Dengan menggunakan model pelatihan AI di sisi perangkat, algoritma dapat menganalisis objek seperti langit, tanah, dan pepohonan secara real-time dan melakukan segmentasi multi-semantik berbasis objek.

Menurut Oppo, hal ini bisa meningkatkan akurasi penguncian foto secara signifikan untuk memberikan potret yang alami.

Sayangnya, Oppo Find X6 Pro dipastikan hanya dipasarkan di China, tak masuk Indonesia. Nah, sebagai gantinya, Oppo ingin membawa fitur teleportrait ini lewat smartphone baru yang bakal dirilis dalam beberapa waktu mendatang. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com