Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Game Android dengan Grafik Keren, Gratis dan Berbayar

Umumnya, game dengan grafik yang keren hadir di komputer (PC) atau konsol-konsol modern, misalnya PlayStation 4 (PS4) dan PS5 buatan Sony, atau Xbox One dan Xbox Series X/S besutan Microsoft.

Meski begitu, perkembangan teknologi memungkinkan smartphone dengan sistem operasi (OS) Android bermain game yang memiliki grafik "cantik". Catatannya, pengguna mesti menyiapkan ponsel dengan spesifikasi yang mumpuni.

Lantas, apa saja game yang "dikemas" dengan grafik yang keren? Berikut daftarnya.

Dalam game ini, pengguna bakal bermain sebagai Traveler, seorang petualang antar dimensi yang terpisah dari saudara kembarnya setelah keduanya mendarat di dunia Teyvat.

Traveler pun akan menelusuri dunia tersebut, mengerjakan berbagai misi, dan melawan berbagai monster atau bos dengan beberapa elemen, mulai dari Electro (listrik) hingga Pyro (api).

Dari segi grafik, game ini terlihat seperti perpaduan permainan "Ni No Kuni" dan "The Legend of Zelda: Breath of the Wild". Hal ini dikarenakan oleh visual animenya yang penuh warna. Dalam pengaturan grafik rendah pun, game ini bakal tetap terlihat indah.

Bila tertarik untuk mencoba, pemain disarankan untuk menggunakan ponsel dengan CPU Qualcomm Snapdragon 854 atau lebih baik.

Pengguna juga memerlukan RAM minimal 4 GB, media penyimpanan (storage) sekitar 20 GB dan sistem operasi Android 8.1 atau lebih tinggi.

"Genshin Impact" dapat diunduh secara gratis lewat tautan berikut ini.

Karena merupakan game survival, pemain tentunya akan mengumpulkan banyak bahan baku untuk berbagai kebutuhan, mulai dari membangun rumah hingga membuat makanan.

Menariknya, game ini juga memiliki mode multiplayer dengan ratusan pemain. Siapa yang kuat, ia yang bertahan hidup.

"Ark: Survival Evolved" dapat dikatakan memiliki grafik yang baik karena detail yang tinggi pada setiap model karakter, dinosaurus, dan objek.

Game besutan Studio Wildcard ini mengharuskan pemain menyiapkan perangkat dengan chipset Snapdragon 835 dan RAM minimal 3 GB.

Perangkat juga harus menjalankan Android 7.0, memiliki storage kosong minimal 2 GB, dan mempunyai dukungan Vulkan.

Vulkan itu sendiri adalah antarmuka (Application Programming Interface/API) yang diperlukan untuk game 3D dengan performa tinggi.

"Ark: Survival Evolved" bisa di-download tanpa pungutan biaya lewat tautan berikut ini.

Game yang pertama kali hadir di konsol lawas PlayStation 3 dan Xbox 360 ini menawarkan pengalaman menyetir yang diklaim realistis. Sebab, setiap mobil memiliki karakteristik dan kontrol yang berbeda.

Misalnya Aston Martin Zagato V12 2011untuk balap jalanan (street racing) dan Holden VF Commodore untuk disiplin balap mobil turing.

Pemain bisa menikmati berbagai mode permainan seperti mode "Career", "Time Trial", "Quick Race", "Demolition Derby", dan masih banyak lagi. "Career" merupakan mode utama di "Grid Autosport" yang memungkinkan gamers untuk merintis karirnya.

Meskipun merupakan game lawas, grafik "Grid Autosport" masih terlihat ciamik, terutama pada bagian detail model setiap mobil.

Sebelum menjajal game ini, pengguna mesti menyiapkan perangkat dengan sistem operasi Android 9.0 dan storage 3.9 GB.

Ada banyak ponsel yang bisa memainkan game ini, seperti Asus ROG Phone 2 dan Xiaomi Note 8 Pro.

Game yang dapat dimainkan sendiri atau secara online ini dibanderol seharga Rp 59.900 di Google Play Store.

Dalam game ini, pemain bakal mengontrol sekelompok orang yang ingin membasmi para alien penguasa bumi.

Bila berhasil, invasi alien akan berakhir dan umat manusia pun akan terselamatkan.

Sehubungan dengan itu, pemain akan melatih setiap anggota pasukannya agar mereka semakin kuat.

Ada sistem pohon kemampuan alias skill tree seperti game RPG pada umumnya, sehingga pemain harus cerdik dalam memilih skill yang dibutuhkan di medan pertempuran.

Menilik aspek visual, kualitas grafik terlihat baik terutama pada markas pengguna. Markas ini kaya akan detail meski terbagi menjadi banyak ruangan dan menaungi banyak karakter.

Untuk bermain game ini, pemain sebaiknya menyiapkan gawai dengan sistem operasi Android 9 dan ruang kosong sekitar 8,5 hingga 17 GB.

Perangkat yang didukung bermacam-macam, termasuk Xiaomi 12, Samsung Galaxy S9, Google Pixel 7, dan masih banyak lagi.

"XCOM 2 Collection" bisa dibeli di Google Play Store dengan harga Rp 149.250.

Hal ini dikarenakan gamer perlu mengerjakan berbagai puzzle yang memang membuat otak "kewalahan".

Entri keempat dalam seri "The Room" ini mengajak gamers untuk menelusuri rumah seorang insinyur ambisius dan istrinya yang hilang secara misterius. Pemain pun menemukan sebuah rumah boneka tua yang aneh dan penuh rahasia.

Setiap bagian rumah boneka itu memiliki puzzle yang bervariasi dan menantang.

Dari segi grafik, "The Room: Old Sins" memiliki detail yang tajam. Detail ini diperlukan karena pengguna bakal menghabiskan banyak waktunya untuk mengutak-atik rumah boneka yang berukuran kecil.

"The Room: Old Sins" bisa dijalankan di perangkat yang memakai sistem operasi Android 5.1 atau lebih baik, RAM 1 GB, dan ruang kosong 1 GB.

Permainan tersebut dibanderol seharga Rp 80.000 di Google Play Store.

Game ini berkisah tentang seorang petualang yang kehilangan ingatan saat sedang mencari kebenaran kuno.

Sebelum melakukan perjalanan, pemain awalnya diajak untuk merancang desain karakter sendiri. Ada banyak sekali aspek yang bisa diubah pemain, mulai dari model rambut, bentuk wajah, kostum, dan masih banyak lagi.

Karena menitikberatkan fitur kustomisasi karakter, tidak heran Pearl Abyss selaku developer menghadirkan detail yang ciamik untuk setiap model karakter.

Implementasi grafik modern ini juga berlaku untuk dunia "Black Desert Mobile" yang amat luas.

Lingkungan dalam game, termasuk jalanan, rerumputan, bangunan, dan berbagai aspek lainnya kelihatan sangat berkualitas. Hal ini ditambah lagi dengan suasana pertempuran (combat) yang penuh dengan efek visual yang memanjakan mata.

Oleh karena itu, "Black Desert Mobile" membutuhkan perangkat dengan sistem operasi Android 6.0, RAM 3 GB, dan storage 3,24 GB. Contoh perangkat yang bisa menjalankan game ini adalah Samsung Galaxy S9 dan Galaxy Note 9.

"Black Desert Mobile" bisa diunduh secara cuma-cuma lewat tautan berikut ini.

Game bergenre horor dengan setting sci-fi ini mengambil tempat sekitar 15 tahun setelah kejadian di film populer "Alien".

Sebagai Amanda Ripley, gamer akan berusaha keras untuk mencari ibunya, Ellen Ripley, yang hilang secara misterius. Usaha pencarian ini dilakukan di stasiun luar angkasa bernama Sevastopol.

Rupanya, stasiun ini sudah menjadi kacau karena keberadaan alien ganas yang berkeliaran di area itu. Oleh sebab itu, Amanda harus bertahan hidup dan melarikan diri dari alien tersebut.

Bila dibandingkan dengan berbagai game yang sudah dipaparkan sebelumnya, "Alien Isolation" memiliki grafik yang paling realistis. Hal ini dimungkinkan oleh teknologi pencahayaan yang digunakan oleh Feral Interactive.

Setiap model karakter, alien, dan lingkungan memiliki visual yang mendetail. Secara kasatmata, game ini seolah-olah memiliki grafik yang sama seperti "Alien Isolation" versi PC, PS4, dan Xbox One.

Padahal, umumnya game modern seperti itu mendapatkan penurunan grafik ketika di-porting ke platform mobile. Nah, jika ingin merasakan kengerian "Alien Isolation", pengguna bisa menyiapkan bujet Rp 69.999 dan membelinya di Google Play Store.

Catatannya, pengguna memerlukan smartphone dengan sistem operasi Android 10 dan media penyimpanan 11 GB. Contoh ponsel yang bisa menjalankan game ini adalah Samsung Galaxy S10.

Meski tidak memiliki grafik realistis ala "Alien Isolation", game ini menghadirkan grafik minimalis yang "sejuk" untuk dipandang.

Adapun pemain bakal melihat perspektif "Child of Light", yakni makhluk menyerupai manusia yang memiliki misi untuk menyebarkan harapan di kerajaan yang muram.

Mekanisme permainan game multiplayer ini dapat dikatakan menarik karena tidak adanya sistem pertempuran, seperti yang hadir di kebanyakan game.

Sebaliknya, pemain diajak untuk bersosialisasi dengan gamers lain. Begitu pertemanan semakin erat, pemain bakal membuka kemampuan baru, seperti mengirimkan chat atau hadiah.

Pemain juga bisa menjelajahi tujuh dunia bersama rekan-rekannya, serta mencari harta karun kuno yang tersembunyi di dalamnya.

Untuk memainkannya, pengguna sebaiknya menyiapkan perangkat dengan Android versi 8.0, RAM 1,5 GB, dan media penyimpanan 3 GB. "Sky: Children of the Light" bisa dijajal secara gratis lewat tautan berikut ini.

Jika "dikulik" lebih dalam, "Streets of Rage 4" terlihat memiliki animasi gambar tangan (hand-drawn) yang sangat mulus. Animasi karakter ini ditemani dengan visual lingkungan dan efek serangan yang membuat game terasa semakin imersif.

Soal cerita, "Streets of Rage 4" berkisah tentang mantan detektif bernama Axel Stone dan Blaze Fielding, yang berusaha menjatuhkan organisasi kejahatan yang dipimpin oleh Mr. Y dan Ms. Y.

Untuk diketahui, Axel dan Blaze merupakan karakter ikonik yang muncul dari game "Streets of Rage" pertama. Di sisi lain, Mr. Y dan Ms. Y adalah anak dari karakter antagonis dari entri pertama hingga entri ketiga dari seri bergenre beat-em-up itu.

"Streets of Rage 4" bisa dibeli dengan harga Rp 34.930 di Google Play Store. Perangkat yang digunakan pemain mesti menjalankan Android versi 9 dan memiliki storage kosong 2 GB.

Melihat grafiknya, game ini dikemas dengan visual pixel art yang terlihat sangat mulus berkat dukungan mode 60 FPS.

"Dead Cells" merupakan game hack and slash, sehingga pemain akan sering menggunakan senjata jarak dekat dalam pertempuran. Meskipun begitu, pemain juga bisa memanfaatkan senjata jarak jauh.

Fitur menarik dari "Dead Cells" terletak pada gameplay "RogueVania" yang merupakan kombinasi antara genre Roguelite dan Metroidvania. Cara kerjanya, gamers akan mengulang permainan dari awal apabila "darah" mencapai nol.

Meskipun mengulang, pemain tetap akan membuat progres dengan mengumpulkan blueprint yang tersebar di dunia. Blueprint ini bisa menghasilkan senjata, kemampuan (skill), dan mutasi yang dapat dibeli dengan mata uang bernama Cells.

Setelah mengumpulkan blueprint, nantinya senjata, kemampuan, dan mutasi tersebut akan muncul di permainan.

Sehingga, seiring berjalannya waktu pemain akan menjadi semakin kuat, meski harus selalu mengulang dari awal begitu hit points (HP) mencapai nol.

"Dead Cells" dapat dibeli di Google Play Store dengan harga Rp 49.900. Permainan ini membutuhkan perangkat Android versi 7.0, RAM melebihi 2 GB, dan storage kosong 2 GB, sebagaimana dicatat KompasTekno dari Google Play Store, Sabtu (1/7/2023).

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/04/19200077/10-game-android-dengan-grafik-keren-gratis-dan-berbayar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke