Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poni Layar Dynamic Island iPhone Disebut Menjiplak Honor

Kompas.com - 05/07/2023, 11:40 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber phonearena

KOMPAS.com - Apple dan perusahaan smartphone berbasis sistem operasi Android kerap mencontek inovasi satu sama lain.

Misalnya saja deretan fitur iOS 17 seperti mode layar siaga (Standby Mode) yang sebelumnya sudah hadir di Android, atau desain ponsel Samsung yang dituduh Apple meniru tampilan iPhone.

Paling baru, perusahaan smartphone asal China, Honor menyindir Apple telah menjiplak fitur Dynamic Island yang disematkan di smartphone iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Dynamic Island itu sendiri merupakan poni (notch) interaktif yang ditempatkan di tengah atas layar smartphone.

Baca juga: Cara Bikin Dynamic Island ala iPhone 14 Pro di HP Android

Fitur ini mampu menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi yang berjalan di latar belakang (background), mulai dari aplikasi peta hingga musik. Adapun klaim jiplakan ini datang dari CEO perusahaan ponsel Honor, Zhao Ming.

Dalam ajang Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2023, Zhao Ming awalnya mengatakan bahwa industri ponsel pintar tertahan oleh kurangnya inovasi, contohnya saja Apple yang mengalami hambatan inovasi setiap tahunnya.

Ia kemudian menyindir bahwa fitur Dynamic Island milik Apple mirip dengan fitur Smart Capsule di smartphone Honor V20, yang meluncur tahun 2019 lalu.

Zhao Ming juga mengeklaim Honor menjadi perusahaan pertama yang memperkenalkan fitur tersebut.

Untuk diketahui, Smart Capsule milik Honor V20 ditempatkan di sisi kiri atas layar dalam modul kamera yang menyerupai pil. Kapsul ini memiliki berbagai kegunaan, misalnya untuk melihat durasi panggilan atau notifikasi lainnya.

Fitur Smart Capsule Honor (kiri) dan fitur Dynamic Island Apple (kanan)PhoneArena Fitur Smart Capsule Honor (kiri) dan fitur Dynamic Island Apple (kanan)
Seperti fitur Dynamic Island, Smart Capsule pun juga menampilkan animasi pop-out yang dinamis.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Dynamic Island bukanlah fitur yang baru. Hal yang sama juga berlaku untuk Smart Capsule, karena fitur yang serupa dulunya hadir di smartphone LG V10 keluaran 2015.

Baca juga: Honor 90 dan 90 Pro Meluncur, Bawa Kamera 200 MP

Ponsel LG V10 memiliki layar sekunder mini di bagian atas smartphone yang bisa menampilkan notifikasi dan shortcut aplikasi.

Meskipun bukan merupakan fitur orisinal, Apple telah menyempurnakan poni interaktif itu sehingga akhirnya menjadi salah satu fitur unggulan di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Sementara itu, Honor membiarkan fitur Smart Capsule dalam kondisi "setengah matang" dan tidak menjadikannya sebagai fitur unggulan Honor V20, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena, Rabu (5/7/2023).

Dynamic Island ramai ditiru

Untuk diketahui, beberapa vendor smartphone sudah meluncurkan ponsel dengan fitur serupa Dynamic Island. Misalnya saja perusahaan elektronik LeTV yang merilis smartphone LeEco S1 Pro pada Januari lalu.

Poni gawai ini akan berubah menjadi lebar dan memenuhi bagian atas layar ketika sedang memainkan lagu, merekam audio, atau saat notifikasi masuk.

Berikutnya, ada juga Realme C55 yang meluncur pada Maret 2023 di Indonesia. Smartphone ini dilengkapi fitur Mini Capsule yang bisa memperlebar modul kamera.

Seperti Dynamic Island, modul berbentuk pil ini akan bisa menampilkan berbagai informasi seperti status pengisian daya ponsel, peringatan baterai lemah, penggunaan data, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com