Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Dynamic Island ala iPhone 14 Pro di HP Android

Kompas.com - 26/09/2022, 19:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Inovasi Dynamic Island yang hadir secara eksklusif di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max sukses menyita perhatian dunia.

Desain poni unik Dynamic Island akhirnya menggantikan desain notch atau poni panjang lawas yang sudah digunakan Apple sejak merilis iPhone X pada 2017.

Yang menjadi istimewa, desain poni Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max itu juga fungsional dan interaktif. Dynamic Island mampu menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background). Misalnya dari aplikasi maps, musik, timer, perekam audio, hingga aplikasi pihak ketiga.

Nah, pengguna ponsel Android tak perlu berkecil hati karena kini mereka juga bisa mendapatkan fitur Dynamic Island di ponselnya.

Caranya cukup sederhana, yakni dengan mengunduh aplikasi "dynamicSpot - Multitasking" di Google Play Store atau melalui tautan berikut ini.

Baca juga: Tema Ini Bisa Sulap HP Xiaomi Jadi Mirip iPhone 14 Pro

Aplikasi "dynamicSpot" bakal menyulap punch hole di HP Android menjadi Dynamic Island yang sama seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Pantauan KompasTekno, aplikasi dynamicSpot bisa berjalan di ponsel Android versi 9 dan yang lebih baru. Saat ini, aplikasi ini masih dalam tahap early access atau beta, belum versi final. Jadi, kemungkinan pengguna masih akan mendapatkan beberapa bug atau masalah.

Baca juga: Mengenal Dynamic Island, Poni Baru di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max

Tampilan Dynamic Island di HP Android menggunakan aplikasi dynamicSpot. Ketika memutar musik di latar belakang, pengguna Android bisa melihat animasi mengambang di layar. Ketika ditekan lama, pengguna bisa melihat opsi untuk next, previous, atau stop lagu.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan Dynamic Island di HP Android menggunakan aplikasi dynamicSpot. Ketika memutar musik di latar belakang, pengguna Android bisa melihat animasi mengambang di layar. Ketika ditekan lama, pengguna bisa melihat opsi untuk next, previous, atau stop lagu.
Cara bikin Dynamic Island di ponsel Android

Sama seperti Dynamic Island ala iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max, aplikasi dynamic Spot bakal menyediakan animasi "mengambang" ketika ada notifikasi masuk dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background).

Cara mengaktifkan dynamicSpot juga cukup mudah dan cepat.

Setelah selesai di-download, pengguna hanya perlu mengikuti tiga langkah yang sudah disediakan.

  • Pertama, pengguna perlu memilih deretan aplikasi yang bakal bisa muncul di bilah notifikasi ala Dynamic Island.
    Pilihan aplikasinya tentu dari aplikasi yang sudah di-download di ponsel pengguna. Saat menjajal aplikasi ini, KompasTekno memilih aplikasi seperti WhatsApp, YouTube Music, Spotify, Maps, Phone, Gmail, perekam audio, jam, dan lain sebagainya.
  • Langkah kedua adalah akses notifikasi (Notification Access). Saat diklik, pengguna akan di bawa ke jendela pengaturan Notification Access.
    Di sana, pengguna hanya perlu memberikan izin aplikasi dynamicSpot untuk mengakses notifikasi. Caranya tinggal menggeser tombol toggle ke arah "on".
  • Langkah ketiga adalah aktifkan Draw on screen. Ketika diklik, pengguna akan dibawa ke jendela pengaturan aksesibilitas (Accessibility).
    Di sana pengguna perlu membuka "Installed Apps" > "dynamic Spot" > klik toggle "off" ke arah "on" > "Allow".

Tampilan aplikasi dynamic Spot untuk menghadirkan Dynamic Island ala iPhone 14 Pro ke ponsel Android.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan aplikasi dynamic Spot untuk menghadirkan Dynamic Island ala iPhone 14 Pro ke ponsel Android.
Selanjutnya, pengguna bakal melihat informasi soal perlindungan data (data protection). Aplikasi dynamic Spot mengeklaim bahwa aplikasinya ini tidak memiliki akses ke internet dan tidak mengumpulkan dan membagikan data apapun milik pengguna.

Terakhir, klik "done" untuk menyelesaikan proses aktivasi Dynamic Island dengan aplikasi dynamic Spot.

Nantinya, seluruh notifikasi dari aplikasi yang sudah dipilih tadi otomatis ditampilkan dalam animasi "mengambang" ala Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Pengguna juga bisa mengatur ukuran dan tata letak Dynamic Island di ponsel Android. Caranya tinggal buka menu "Popup settings" di aplikasi dynamic Spot.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Upgrade ke versi "Pro" untuk dapatkan fitur lengkap

Tampilan aplikasi dynamic Spot untuk menyulap HP Android agar memiliki Dynamic Island ala iPhone 14 Pro.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan aplikasi dynamic Spot untuk menyulap HP Android agar memiliki Dynamic Island ala iPhone 14 Pro.
Dynamic Island versi duo iPhone 14 Pro memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan notifikasi. Misalnya, ketika pengguna menyetel musik di background, pengguna bakal melihat animasi gambar sampul musik yang sedang diputar di Dynamic Island.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com