Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Meranking Data dengan Formula RANK di Microsoft Excel

Kompas.com - 06/07/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft Excel sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Perangkat lunak pengolah angka dan data menjadi bagian penting dalam mengolah berbagai data. Salah satunya membantu pengguna dalam melakukan ranking data.

Ranking data ini biasa dibuat oleh para pengguna yang bekerja di sektor akademik. Misalnya saja saat guru hendak melakukan pengolahan data nilai siswa untuk menentukan ranking kelas. Tak hanya lingkup sekolah, meranking data juga dibutuhkan berbagai sektor lain, seperti bisnis dan lain sebagainya.

Fungsi meranking data di Microsoft Excel berguna untuk mengurutkan data dalam urutan tertentu. Untuk meranking data di Excel pengguna bisa menggunakan beberapa rumus. Salah satunya formula RANK.

Fungsi RANK dapat digunakan untuk memberikan peringkat pada setiap entri dalam daftar berdasarkan nilai. Dengan menggunakan fungsi ini, Anda dapat menentukan apakah peringkat harus diberikan dalam urutan naik (ascend) atau turun (descend). Lantas bagaimana cara meranking data dengan Excel? Selengkapnya berikut ini tutorialnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Spasi di Microsoft Excel

Cara ranking data di Microsoft Excel

Rumus RANK ExcelKompas.com/soffyaranti Rumus RANK Excel

  • Siapkan data yang akan diranking terlebih dahulu (misalnya saja menentukan ranking siswa berdasarkan data nilai tersebut)
  • Selanjutnya pada kolom “Ranking” tuliskan rumus =RANK(number;ref; [order])
  • Mislnya saja pada simulasi contoh di atas sehingga rumusnyamenjadu =RANK(J3;J3:J12; tekan tombol F4 agar range menjadi absolut sehingga rumus menjadi =RANK(J3;$J$3:$J$17;0)
  • Setelah ranking keluar maka tarik ke bawah hingga otomatis mengurutkan

Berikut ini beberapa keterangan dari formula RANK

Number

Parameter ini adalah angka atau nilai yang ingin Anda ranking. Misalnya, jika Anda ingin meranking data di kolom A, parameter Number dapat berupa referensi sel dari data tersebut, misalnya A2.

Ref

Ref menunjukkan isi data yang ingin Anda ranking. Biasanya rentang data ini mencakup satu kolom atau lebih. Contohnya saat Anda ingin meranking data yang berada di kolom A dari A1 hingga A10. Maka refnya A1:A10

Order

Sedangkan Order merupakan parameter untuk menentukan urutan pengurutan dalam ranking. Biasanya terdapdat dua pilihan yang dapat digunakan. Berikut ini rinciannya:

0 atau FALSE

Ranking akan dilakukan dalam urutan menurun (dari nilai terbesar ke terkecil). Ini berarti nilai terbesar akan mendapatkan peringkat terendah.

1 atau TRUE

Ranking akan dilakukan dalam urutan naik (dari nilai terkecil ke terbesar). Ini berarti nilai terkecil akan mendapatkan peringkat terendah.

Baca juga: Cara Mailing Excel ke Microsoft Word untuk Surat Undangan

Sebagai informasi contoh di atas merupakan simulasi data yang diunduh dari channel YouTube dengan handle @AlphaSubs. KompasTekno mencoba mensimulasikannya dengan formula RANK. Itulah cara meranking data dengan formula RANK di Microsoft Excel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com