Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Threads Dibanding Twitter, Bisa Bikin Postingan dengan Karakter Lebih Panjang

Kompas.com - 06/07/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Setelah ditunggu-tunggu, Threads akhirnya rilis pada hari ini, Kamis (6/7/2023). Banyak pengguna yang telah menantikannya dan menggadang Threads bakal mampu menggantikan Twitter.

Beberapa waktu lalu, Twitter cukup membuat kecewa banyak pengguna dengan kebijakannya membatasi jumlah twit yang bisa dibaca per hari. Twitter sudah berkali-kali mengeluarkan kebijakan yang membatasi aktivitas pengguna.

Baca juga: Mengenal Threads, Aplikasi Media Sosial Baru Buatan Facebook yang Mirip Twitter

Sebagai buntut dari kebijakan Twitter itu, pengguna ramai menggaungkan Threads sebagai alternatif. Threads memiliki layanan yang mirip dengan Twitter. Namun, Threads juga memiliki sejumlah kelebihan.

Lantas, apa kelebihan Threads dibanding Twitter? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan Threads dibanding Twitter.

Kelebihan Threads dibanding Twitter

Untuk diketahui, Threads adalah aplikasi media sosial baru dengan layanan percakapan berbasis teks. Threads juga bisa dibilang merupakan aplikasi microblogging (berbagi konten berisi pesan teks singkat).

Threads merupakan aplikasi microblogging buata Meta (induk perusahaan Facebook, Instagram, dan Meta) dikembangkan langsung oleh tim Instagram. Secara umum, fitur dan tampilan Threads mirip dengan Twitter.

Tampilan Threads cukup sederhana dengan antarmuka yang didominasi warna hitam dan putih. Di Threads, terdapat lima menu utama, yang meliputi menu halaman linimasa, menu pencarian, menu pembuatan postingan, menu aktivitas, dan menu profil pengguna.

Di menu halaman linimasa, setiap postingan terdapat beberapa tombol tindakan yang mirip dengan di Twitter. Tombol tindakan pada postingan itu meliputi tombol “Reply”, tombol “Repost/Quote”, tombol “Like”, dan tombol “Share”.

Threads juga memiliki fitur untuk filter agar tidak menampilkan postingan dengan kata-kata tertentu di linimasa. Selain itu, masih banyak lagi fitur Threads yang mirip dengan Twitter. Meski mirip, Threads memiliki kelebihan dibanding Twitter, yang meliputi:

Bisa bikin postingan dengan karakter yang lebih panjang

Tampilan pembuatan postingan Threads yang bisa sepanjang 500 karakter.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan pembuatan postingan Threads yang bisa sepanjang 500 karakter.

Kelebihan Threads yang pertama adalah memungkinkan pengguna untuk membuat postingan dengan karakter yang lebih panjang. Di Threads, semua pengguna bisa membuat postingan sepanjang 500 karakter.

Sementara itu, di Twitter, pengguna biasa atau yang belum terverifikasi (centang biru) hanya bisa membuat postingan sepanjang 280 karakter. Sedangkan pengguna yang berbayar atau berlangganan Twitter Blue, mereka bisa membuat postingan hingga 4.000 karakter.

Peringatan istirahat sejenak bermain Threads

Tampilan fitur pengingat untuk beristirahat bermain Threads.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan fitur pengingat untuk beristirahat bermain Threads.

Kelebihan berikutnya adalah Threads mengusung fitur peringatan istirahat sejenak yang sudah ada di Instagram. Lewat fitur ini, pengguna bisa diberikan untuk beristirahat sejenak apabila telah menggunakan Threads dalam kurun waktu tertentu yang bisa dipilih.

Baca juga: Threads Instagram Tidak Perlu Bikin Akun Baru, Cukup Pakai Akun IG

Postingan pengguna biasa masih bisa muncul di linimasa publik

Tampilan linimasa publik Threads di mana postingan pengguna biasa masih bisa dijumpai dengan mudah.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan linimasa publik Threads di mana postingan pengguna biasa masih bisa dijumpai dengan mudah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com