Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Istilah Baru di Threads Instagram? Meta Punya Kamusnya

Kompas.com - 10/07/2023, 11:33 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Posting konten di Twitter disebut ngetwit. Jika di Threads apa jadi ngethread?

Pertanyaan di atas mungkin sempat terlintas di sebagian pengguna yang sudah menjajal Threads Instagram, aplikasi baru dari Meta yang dimirip dengan Twitter. Threads dirilis secara global pada Kamis (6/7/2023) pekan lalu.

Karena masih tergolong sangat baru, pengguna juga pasti cukup bingung dengan istilah-istilah anyar yang ada di medsos ini.

Nah, untuk mempermudah pengguna memahami dan menggunakan jargon atau istilah baru dari Threads, pihak perusahaan pun mengunggah konten berjudul “Kamus Threads” di akun Instagram dengan handles @threadsapp.

Baca juga: Kritik Pedas dari Pendiri Twitter untuk Threads

Konten kamus tersebut berisikan panduan kosakata yang bisa digunakan pengguna menyebut istilah atau aktivitas di Threads. Misalnya, kata “Threads”, perusahaan menyebut arti kata tersebut sebagai kata benda yang berarti “Aplikasi baru kami”.

Kamus Threads yang diunggah perusahaan ke akun resmi Threads (@threadsapp)Instagram/Threads App Kamus Threads yang diunggah perusahaan ke akun resmi Threads (@threadsapp)

Sementara itu, kata “thread” (tanpa huruf s) memiliki arti aktivitas berdiskusi yang dapat dilakukan pengguna. Dalam hal ini, Meta mencontohkan kalimatnya seperti “@mosseri (handles CEO Instagram, Adam Mosseri) memulai diskusi (thread) yang baik”.

Contoh di atas memberi tahu bahwa ketika pengguna Threads sedang berbagi cerita dan postingan yang lebih dari satu, tandanya akun tersebut sedang membuat "thread".

Kosakata yang ketiga adalah “post” sebagai kata benda. Kata ini memiliki arti unggahan satuan yang dikirim pengguna dalam bentuk teks ataupun media. Contoh kalimatnya adalah “Apakah kamu melihat post terbarunya mereka?”.

Kosakata yang ketiga ini mungkin dapat menjawab pertanyaan di atas. Jika ada seorang pengguna yang mengunggah satu postingan di Threads, artinya pengguna tersebut sedang "ngepost" sesuatu.

Baca juga: Akun Threads Tidak Bisa Dihapus, Kecuali Menghapus IG Juga

Sementara itu, kata “post” dalam kata kerja memiliki makna memublikasi. Contoh kalimatnya adalah “Saya baru saja memublikasi sebuah thread”. Jadi, penggunaan istilah “post” bisa berbeda-beda bergantung pada pesan atau konteks yang ingin disampaikan.

Kosakata selanjutnya adalah “reply” atau membalas. Seperti namanya, istilah ini memang digunakan untuk pengguna yang membalas komentar di salah satu postingan.

Berbeda dengan Twitter, pengguna yang mengunggah ulang postingan tidak disebut dengan retweet, tetapi repost. “Repost” dalam kata kerja memilki arti membagikan postingan orang lain ke profil sendiri.

Terakhir adalah kosakata "quote". Istilah ini dapat digunakan ketika pengguna mempositng ulang unggahan dari orang lain, lalu menambah opini pribadi ke dalamnya.

Misalnya, unggahan dari Mosseri di Threads, di-repost, lalu ditambah dengan opini pribadi Anda. Aktivitas yang tengah Anda lakukan disebut dengan “quote”.

Untuk lebih jelasnya, berikut rincian kosakata di Kamus Threads yang dibagikan Meta.

  • Threads: aplikasi baru Meta
  • Thread (tanpa huruf s): kegiatan untuk memulai diskusi
  • Post (kata benda): unggahan satuan dalam bentuk teks ataupun media
  • Post (kata kerja): memublikasi konten
  • Reply: memberi respons terhadap post atau thread seseorang
  • Repost: membagikan ulang positngan orang lain ke akun sendiri
  • Quote: membagikan postingan orang lain dan menambah opini pribadi ke dalamnya

Apa itu Threads Instagram?

Threads Instagram sendiri adalah media sosial anyar dari Meta yang mengadopsi bahasa desain Instagram, namun, fokus pada konten berbasis teks seperti twitter. Pengguna dapat mengunggah konten dalam bentuk teks, foto, ataupun video berdurasi dua menit.

Syarat untuk menggunakan aplikasi Threads adalah memiliki akun Instagram. Pengguna hanya perlu mendaftarkan username Instagram ke Threads dan sistem bakal otomatis mengintegrasikan akun profil Instagram ke aplikasi yang baru.

Threads juga sudah hadir di Indonesia dan dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Pengguna Android ataupun iPhone juga bisa menjajal aplikasi ini.

Link dan cara download Threads bisa simak di artikel berikut ini. Sementara itu, jika Anda tertarik mengikuti isu terkini mengenai Threads dan Instagram, bisa simak kumpulan artikelnya di "Threads Mengancam Hegemoni Twitter".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com