Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Hapus Akun Threads Bisa Hilangkan Akun Instagram, Benarkah Demikian?

Kompas.com - Diperbarui 11/07/2023, 08:23 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari ini, warganet di media sosial ramai membicarakan salah satu kekurangan dari aplikasi Threads, yaitu bila pengguna menghapus akun Threads maka akan menyebabkan akun Instagram (IG) mereka ikut terhapus pula.

Sebagai informasi, Threads adalah aplikasi percakapan berbasis teks buatan Meta (induk perusahaan Facebook, Instagram, dan WhatsApp) yang dikembangkan langsung oleh tim Instagram. Secara pengoperasian, Threads mirip Twitter.

Baca juga: Pengalaman Menjajal Threads, Apakah Seseru Twitter?

Threads baru dirilis Meta pada Kamis kemarin, 6 Juli 2023. Namun, tampaknya sudah sangat banyak sekali pengguna yang menjajalnya. Bos Meta, Mark Zuckerberg, bahkan mengatakan bahwa dua jam setelah Threads dirilis, terdapat dua juta pengguna yang menjajalnya.

Di tengah-tengah masa awal menjajal Threads ini, pengguna ramai yang menyampaikan kekurangan dari aplikasi pesaing Twitter tersebut. Salah satunya yang seperti disebutkan di atas adalah hapus akun Threads membuat akun Instagram terhapus.

Contoh keramaian pembicaraan tentang hapus akun Threads membuat akun Instagram terhapus bisa dilihat pada Twitter melalui salah satu twit dari akun dengan handle @FORJAYW0N, sebagaimana tertera di bawah ini.

Dalam twit tersebut, pengguna menyarankan pengguna lain agar tidak mencoba menghapus akun Threads. Sebab, menurutnya, akun Instagram akan terhapus bila akun Threads dihapus. Selain contoh di atas, masih banyak lagi pengguna yang mengungkap hal serupa.

Melihat keramaian ini, lantas apakah menghapus akun Threads akan menghapus akun Instagram? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai klaim akun Instagram akan terhapus bila akun Threads dihapus.

Hapus akun Threads membuat akun Instagram terhapus?

Perlu diketahui, pendapat warganet yang menyebut hapus akun Threads membuat akun Instagram terhapus itu, bisa muncul tak lepas dari mekanisme pengelolaan akun Threads yang disediakan Instagram selaku pengembangnya.

Saat ini, akun Threads terintegrasi langsung atau menjadi satu dengan akun IG. Untuk bisa mengakses Threads, pengguna perlu login dengan akun Instagram miliknya. Jadi, akun Threads sekarang adalah akun IG dan sebaliknya.

Baca juga: Threads Instagram, Dulu Aplikasi Pesan Instan Sekarang Jadi Mirip Twitter

Pengintegrasian akun Threads dan akun IG itu mempengaruhi mekanisme pengelolaannya. Salah satu mekanisme pengelolaan akun yang berpengaruh berada di bagian penghapusan akun. Menghapus akun biasa dibutuhkan ketika pengguna tidak lagi ingin memakai akun itu.

Pendapat pengguna yang menyatakan hapus akun Threads membuat akun Instagram terhapus itu, tidak sepenuhnya tepat. Sebab, aplikasi Threads saat ini belum memiliki opsi yang memungkinkan pengguna untuk menghapus akun Threads.

Bila dilihat di menu pengaturan akun Threads, pengguna hanya diberikan pilihan untuk menonaktifkan sementara akun Threads. Menonaktifkan sementara dan menghapus akun merupakan dua tindakan yang berbeda.

Menonaktifkan sementara hanya membuat postingan dan semua interaksi pengguna tidak lagi ditampilkan sampai akun diaktifkan kembali. Sedangkan menghapus akun, dampaknya adalah semua data pengguna bakal terhapus, termasuk informasi akun, pengikut, dan lainnya.

Lantara tidak tersedia fitur untuk menghapus akun, seandainya pengguna benar-benar ingin menghapus akun Threads maka caranya sekarang hanya bisa dengan menghapus akun Instagram yang digunakan untuk mengakses Threads.

Jadi, bukan menghapus akun Threads, lalu akun Instagram akan terhapus. Akan tetapi, bila hendak menghapus akun Threads maka pengguna perlu terlebih dahulu menghapus akun Instagram yang digunakan untuk mengakses Threads.

Adam Mosseri, CEO Instagram, melalui akun Threads pribadinya dengan handle @mosseri memberikan saran bila hendak menyembunyikan postingan dan profil, pengguna bisa memilih untuk menonaktifkan sementara akun Threads, ketimbang menghapus akun Instagram.

Tangkapan layar penjelasan CEO Instagram, Adam Mosseri, mengenai penghapusan akun Threads.Threads.net/mosseri Tangkapan layar penjelasan CEO Instagram, Adam Mosseri, mengenai penghapusan akun Threads.

“Saya telah mendapatkan beberapa pertanyaan tentang penghapusan akun (Threads) Anda. Untuk memperjelas, Anda dapat menonaktifkan sementara akun Threads Anda, guna menyembunyikan postingan dan profil Anda, Anda dapat mengatur profil ke mode private, dan Anda dapat menghapus setiap postingan - semua tindakan itu bisa dilakukan tanpa menghapus akun Instagram”, jelas Mosseri.

Baca juga: Mengenal Threads, Aplikasi Media Sosial Baru Buatan Facebook yang Mirip Twitter

Mosseri menegaskan bahwa Threads merupakan aplikasi yang didukung oleh Instagram. Sehingga, akun Threads masih menyatu dengan akun Instagram. Ia juga mengatakan, tim Instagram sekarang masih mencari cara agar akun Threads bisa dihapus secara terpisah.

“Threads didukung oleh Instagram, jadi saat ini hanya satu akun, tetapi kami sedang mencari cara untuk menghapus akun Threads Anda secara terpisah,” tambah Mosseri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com