Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap Cara Pakai dan Buat Threads dari Instagram

Kompas.com - 08/07/2023, 13:05 WIB
Caroline Saskia,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Meta (perusahaan induk dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp), Mark Zuckerberg memperkenalkan aplikasi barunya, Threads, secara global pada Kamis (6/7/2023).

Aplikasi ini digadang-gadang menjadi pengganti Twitter karena menawarkan kemampuan yang serupa. Seperti yang diketahui, Threads adalah media sosial yang mengadopsi bahasa desain Instagram, tetapi berfokus pada konten berbasis teks.

Syarat utama untuk menjajal aplikasi baru ini adalah memiliki akun Instagram (IG). Sebab, pada halaman mukanya, Threads langsung menawarkan opsi login menggunakan akun IG.

Artinya, hanya pengguna yang sudah memiliki akun IG saja yang bisa akses Threads. Sistem di aplikasi juga tidak menawarkan opsi lain, seperti signup tanpa menggunakan akun Instagram, daftar menggunakan e-mail, atau sebagainya.

Teruntuk kamu yang belum memiliki Threads, simak tata cara berikut ini untuk mengunduh, mendaftar, dan menjajal aplikasi Threads.

Cara download dan daftar Threads

Aplikasi Threads sudah hadir di toko aplikasi resmi Google Play Store dan Apple App Store. Pengguna Android dan iPhone di Indonesia juga bisa mengunduh aplikasi. Berikut adalah link untuk download aplikasi.

Untuk Threads versi Android, aplikasi ini memiliki file berukuran 75 MB, sedangkan di iOS ukuran filenya lebih besar, yakni 250 MB. Pastikan sebelum download, perangkat memiliki ruang penyimpanan yang sesuai atau lebih besar dari aplikasi ini.

Setelah proses unduh berhasil, pengguna bisa langsung membuka aplikasi, menghubungkan akun Threads dengan IG menggunakan username yang terdaftar.

Pengguna akan diminta mengonfirmasi beberapa informasi profil, memilih opsi apakah ingin mengikuti orang yang sebelumnya sudah diikuti di Instagram atau tidak, dan menyetujui beberapa akses pengambilan data oleh Meta.

Dengan mengikuti beberapa langkah, pengguna nantinya dapat langsung mengakses Threads. Proses integrasi tersebut akan membuat foto profil, username, display name, dan bio di IG akan langsung muncul di Threads.

Bagian bawah display name IG juga akan muncul handles baru berupa angka. Handles tersebut bakal mengarahkan pengguna ke aplikasi Threads, jika mengekliknya.

Baca juga: Threads Instagram Tidak Perlu Bikin Akun Baru, Cukup Pakai Akun IG

Ada apa saja di Threads?

Aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Aplikasi Threads yang sudah bisa dijajal di Indonesia.

Pada tampilan muka Threads, terdapat deretan menu di bagian bawah, seperti Home, Search, New Thread, Activity, dan Profil. Halaman Home akan berisi linimasa dari unggahan teks yang dibagikan pengguna lain.

Selain itu, Threads juga mengadopsi algoritma Instagram dalam menyuguhkan konten yang sesuai minat pengguna. Kemudian, Search bisa dipakai untuk mencari akun atau profil pengguna lain.

Sementara New Thread, pengguna bisa mengetik postingan yang ingin dibagikan ke pengguna lain. Threads juga memungkinkan pengguna menambah foto, dan video berdurasi 5 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com