Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotret dengan Poco F5, Sebagus Apa Jepretannya?

Kompas.com - 11/07/2023, 19:19 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kinerja tinggi Poco F5 bisa mengundang decak kagum dengan kemampuannya menjalankan game dengan setting grafis tinggi serta skor benchmark yang sanggup memepet perangkat flagship.

Apalagi harganya termasuk kompetitif untuk spesifikasi yang ditawarkan, di kisaran Rp 5 jutaan di Indonesia. Ponsel ini pun jadi alternatif menarik untuk para penggemar game.

Baca juga: Tes Game Berat di Poco F5, Hasilnya Rata Kanan Bukan Masalah

Selain hardware bertenaga, Poco F5 turut dibekali tiga buah kamera belakang dan satu buah kamera depan untuk keperluan mengambil gambar. KompasTekno pun menjajalnya untuk memotret dan merekam video. Kira-kira sebagus apa hasilnya?

Konfigurasi ketiga kamera belakang Poco F5KOMPAS.com/ MOCHAMAD HILDAN FARROS Konfigurasi ketiga kamera belakang Poco F5

Hasil foto dengan kamera Poco F5

Berbeda dari jeroan internal yang dirombak, kamera Poco F5 ternyata tak berubah banyak dari Poco F4 pendahulunya. Kamera utama di punggung masih beresolusi 64 MP (f/1.8) dengan OIS.

Baca juga: Poco F5 Resmi, HP Snapdragon 7 Plus Gen 2 Pertama di Indonesia

Hasil foto dari kamera utama ini cukup bagus di berbagai kondisi, termasuk low-light biarpun tanpa night mode. Fitur Auto HDR membantu menghasilkan foto dengan dynamic range luas saat kontras tinggi seperti ketika memotret di tengah hari atau dalam kondisi backlight.

Contoh hasil foto kamera utama Poco F5KOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh hasil foto kamera utama Poco F5

Contoh hasil foto kamera utama Poco F5KOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh hasil foto kamera utama Poco F5

Contoh hasil foto kamera utama Poco F5KOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh hasil foto kamera utama Poco F5

Kamera ultra wide Poco F5 yang beresolusi 8 MP (f/2.2) memiliki cakupan bidang pandang 120 derajat. Warna-warna yang dihasilkan dalam foto cenderung natural, mirip dengan kamera utama.

Baca juga: Poco X5 Pro 5G: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Kendati demikian, kamera ultra wide agak kepayahan saat kondisi gelap. Hasil gambarnya cenderung buram karena efek softening dari noise reduction.

Contoh hasil foto kamera ultra wide Poco F5KOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh hasil foto kamera ultra wide Poco F5

Contoh hasil foto kamera ultra wide Poco F5KOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh hasil foto kamera ultra wide Poco F5

Kamera macro Poco F5 (2 MP, f/2.4) sayangnya masih belum berubah dari sebelumnya. Kualitas gambarnya jauh berbeda dari dua kamera lain, dengan kontras dan rendah dan warna yang terlihat pucat.

Resolusinya pun terbatas sehingga secara keseluran tidak bisa diandalkan. Kecuali terpaksa karena harus menjepret dari jarak sangat dekat, sebaiknya hendari memakai kamera macro ini.

Contoh hasil foto kamera macro Poco F5KOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh hasil foto kamera macro Poco F5

Kamera depan dan video menurun

Sementara kamera belakang relatif tak berubah, kamera depan Poco F5 justru menurun, dari sebelumnya 20 MP (f/2.5) di Poco F4 menjadi 16 MP (f/2.5). Kualitas tangkapan gambarnya sendiri masih cukup bagus, baik di kondisi outdoor maupun indoor.

Aspek lain dari Poco F5 yang juga berkurang dibanding Poco F4 adalah opsi perekaman video. Sebelumnya, Poco F4 yang ditenagai Snapdragon 870 sanggup merekam video hingga resolusi 4K 60 fps.

Kamera depan Poco F5 terdapat dalam punch hole di sisi atas layarKOMPAS.com/ MOCHAMAD HILDAN FARROS Kamera depan Poco F5 terdapat dalam punch hole di sisi atas layar

Contoh foto outdoor dan indoor dari kamera depan Poco F5KOMPAS.com/ OIK YUSUF Contoh foto outdoor dan indoor dari kamera depan Poco F5

Poco F5, sementara itu, mentok di 4K 30 fps. Padahal chip Snapdragon 7 Plus Gen 2 yang tertanam di ponsel ini sanggup merekam video hingga 4K 60 fps, seperti bisa dilihat dalam keterangan spesifikasinya di situs Qualcomm.

Meskipun begitu, absennya pilihan 4K 60 fps mungkin bukan masalah besar karena resolusi 1080p masih memadai untuk penggunaan sehari-hari. Poco F5 pun menyediakan pilihan 1080p 60 fps.

Baca juga: Poco X5 Pro 5G: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Baik resolusi 4K 30 fps maupun 1080 60 fps sudah stabilized, tapi Poco F5 menyediakan opsi stabilisasi tambahan bernama Steady Video yang hanya bisa digunakan di pilihan resolusi 1080p 30 fps.

Pilihan resolusi perekaman video di kamera utama Poco F5KOMPAS.com/ OIK YUSUF Pilihan resolusi perekaman video di kamera utama Poco F5

Untuk video kamera depan, pilihan maksimal resolusi yang tersedia adalah 1080p 30 fps dengan stabilisasi atau 1080p 60 fps tanpa stabilisasi.

Secara keseluruhan, kemampuan kamera Poco F5 bisa dibilang relatif tak berubah dari Poco F4. Resolusi kamera depan dan resolusi video maksimal dari kamera utama justru menurun.

Baca juga: Poco Ubah Strategi di Indonesia, Jadi 100 Persen Jualan Online

Mungkin aspek kamera dikorbankan oleh Poco F5 demi harga yang kompetitif. Banderol Poco F5 di Indonesia memang lebih murah dibanding Poco F4 sebelumnya.

Karena itu, daripada kamera, sebaiknya pertimbangkan aspek performanya yang tinggi saja apabila hendak meminang ponsel ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com