Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Permudah Transfer File dari iPhone ke PC Windows dengan Unison

Kompas.com - 15/06/2023, 15:41 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini, pengguna iPhone yang ingin melakukan transfer foto atau data ke komputer atau laptop (PC) dengan sistem operasi (OS) Windows biasanya akan mengalami kesulitan.

Sebab, proses pemindahan data dari iPhone ke PC biasanya membutuhkan aplikasi khusus yang terpasang di PC pengguna, salah satunya seperti iTunes.

Nah, Intel kini memiliki solusi atas permasalahan tersebut, yaitu melalui sebuah aplikasi yang bernama Intel Unison. Aplikasi ini sebenarnya sudah diumumkan sejak 2022 lalu, namun tampaknya baru bisa diunduh dan dijajal pengguna baru-baru ini.

Sederhananya, aplikasi ini mirip Phone Link yang ada di PC Windows 10 atau 11. Artinya, aplikasi ini memungkinkan pengguna melihat isi pesan (SMS), riwayat telepon, hingga notifikasi iPhone, begitu juga ponsel Android, langsung dari PC.

Baca juga: Fitur Baru ShareIt Permudah Transfer File dari dan ke Smartphone

Meski demikian, Client Business Head Intel Southeast Asia and ANZ, Dino Strkljevic mengatakan aplikasi ini memiliki kemampuan yang lebih banyak lagi.

"Intel Unison bisa digunakan untuk transfer file dan foto dari iPhone ke PC Windows, begitu juga sebaliknya, dengan mudah," klaim Dino di sela acara peluncuran Intel Core Generasi ke-13 yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023).

Dalam perkenalan Intel Unison ini, Dino juga mendemonstrasikan bagaimana aplikasi tersebut bisa memindahkan foto dari iPhone ke PC dalam waktu beberapa detik.

"Selain foto, Intel Unison juga bisa memindahkan file dari PC ke iPhone dalam waktu singkat," imbuh Dino.

Perlu dicatat, aplikasi ini membutuhkan koneksi internet, sehingga iPhone dan PC Windows pengguna harus sama-sama terhubung dengan koneksi internet supaya Intel Unison berjalan dengan lancar.

Cara dan syarat menggunakan Intel Unison

Untuk menggunakan Intel Unison, pengguna iPhone dan Android bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut di toko aplikasi masing-masing.

Baca juga: 3 Cara Transfer Foto dari HP Android ke iPhone dengan Mudah

Pantauan KompasTekno Kamis siang, aplikasi ini tampaknya sudah tersedia di Indonesia dan sudah bisa diunduh di toko aplikasi Android Play Store dan iOS App Store.

Setelah itu, mereka harus mengunduh aplikasi Intel Unison di komputernya masing-masing.

Jika smartphone dan PC sudah terpasang Intel Unison, maka mereka bisa langsung melakukan sinkronisasi antara dua perangkat dengan mengikuti langkah-langkah yang tampil di layar.

Adapun syarat untuk menjalankan Intel Unison adalah PC pengguna harus memiliki OS minimal Windows 10 atau Windows 11.

Lalu, smartphone pengguna juga harus memiliki versi OS Android 9 atau yang lebih baru, atau iOS 15 ke atas untuk iPhone.

Langkah-langkah untuk memasang serta menggunakan Intel Unison secara lengkap, begitu juga syarat-syaratnya, bisa dilihat dalam dokumen resmi Intel di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com