Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Pamer Kecepatan Prosesor Raptor Lake Tembus 6 GHz

Kompas.com - 15/06/2023, 14:47 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Intel resmi meluncurkan jajaran prosesor (CPU) laptop terbaru Intel Core Generasi ke-13 (Raptor Lake) di Indonesia, dalam sebuah acara di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023).

Di sela acara peluncuran, Intel memamerkan kemampuan model teratas dari CPU laptop Intel Core Raptor Lake, yaitu Intel Core i9-13980HX melalui sejumlah uji coba benchmark.

Dalam sesi tersebut, Intel, lewat aplikasi pencari informasi hardware PC CPU-Z, sesumbar bahwa kecepatan clock CPU ini bisa tembus hingga 6 GHz.

Angka ini, yang diklaim tercepat di dunia untik segmen laptop, melampaui kecepatan prosesor desktop Intel Core i9-13900K yang memiliki kecepatan clock maksimal 5,8 GHz.

Baca juga: Intel Setop Produksi Prosesor Core Gen-11 Tiger Lake

Di atas kertas, Intel Core i9-13980HX sendiri sebenarnya "hanya" memiliki kecepatan clock boost yang mentok 5,6 GHz.

Namun, Client Business Head Intel Southeast Asia and ANZ, Dino Strkljevic mengatakan bahwa kecepatan tersebut bisa ditingkatkan lagi dengan overclock.

Overclock adalah sebuah metode untuk meningkatkan kecepatan clock CPU di luar batasnya. Biasanya, metode ini menggunakan alat-alat tertentu supaya CPU tetap adem karena kepanasan (overheat) dan tidak rusak.

Aplikasi CPU-Z yang menampilkan kecepatan prosesor Intel Core i9-13980HX di acara peluncuran Intel Core Generasi ke-13 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023).
KOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Aplikasi CPU-Z yang menampilkan kecepatan prosesor Intel Core i9-13980HX di acara peluncuran Intel Core Generasi ke-13 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023).

"Dengan hasil uji coba ini, saya bisa katakan bahwa Intel Core i9-13980HX memiliki performa dan potensi overclock yang setara dengan prosesor desktop kami, namun dengan form factor laptop," ujar Dino di atas panggung acara.

Selain kecepatan CPU yang sudah di-overclock, Intel juga mengumbar hasil benchmark Cinebench untuk Intel Core i9-13980HX.

Pada uji coba Cinebench R23, prosesor ini memiliki skor benchmark sekitar 34.500 poin, selisih sedikit dengan prosesor desktop Intel Core i9-13900K dengan skor benchmark sekitar 34.900 poin.

Dino menyebut bahwa performa ini bisa dicapai Intel Core i9-13980HX karena CPU tersebut memiliki jumlah inti yang lebih banyak dari generasi sebelumnya.

Baca juga: Intel Catat Kerugian Terbesar dalam Sejarah Perusahaan

Secara spesifikasi, Intel Core i9-13980HX memiliki jumlah inti (core) mencapai 24 unit, yang terdiri dari 16 unit Efficiency Cores untuk hemat daya dan 8 unit Performance Cores untuk menunjang performa tinggi.

Prosesor ini memiliki kecepatan clock dasar (base) 2,2 GHz, kecepatan clock maksimal (turbo) 5,6 GHz, cache 36 MB, dan TDP 55W.

CPU ini juga dibekali dengan beberapa fitur pendukung macam Inte Killer WiFi, Bluetooth LE Audio Technology, hingga Thunderbolt 4 untuk kemudahan konektivitas.

Dengan spesifikasi dan fitur tersebut, Dino mengeklaim bahwa CPU terbaru Intel ini bisa memberikan performa lebih mumpuni dari generasi sebelumnya (Intel Core i9-12900HX).

"CPU ini bisa 10 persen lebih ngebut untuk menjalankan aplikasi game development, 1 persen frame skipping untuk penayangan konten 8K, serta 29 persen lebih baik untuk menjalankan aneka aplikasi engineering," klaim Dino.

"Dengan fitur dan kemampuan yang dimiliki, kami harap Intel Core i9-398HX dapat memenuhi semua kebutuhan pengguna di berbagai target pasar, terutama gaming dan content creation," pungkas Dino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com