Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Instagram dan Facebook di Indonesia Bisa Beli Centang Biru

Kompas.com - Diperbarui 18/07/2023, 07:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan Meta Verified akhirnya tersedia di Indonesia pada Juli 2023 ini. Awalnya, layanan mirip Twitter Blue ini hanya diuji coba di Australia dan Selandia Baru saja.

Meta Verified merupakan layanan yang memungkinkan pengguna Instagram dan Facebook mendapatkan lencana atau centang biru serta sejumlah benefit lain, dengan cara membayar biaya langganan per bulan.

Kehadiran Meta Verified di Indonesia diumumkan secara langsung oleh CEO Meta Indonesia, Pieter Lydian lewat sebuah posting di akun Instagram pribadinya @pieterlydian.

Baca juga: Gmail Kini Punya Centang Biru Mirip Twitter dan Instagram

"Dengan senang saya menyampaikan bahwa Meta Verified kini telah tersedia dan dapat dibeli secara langsung melalui Instagram atau Facebook di Indonesia," tulis akun @pieterlydian.

Pieter mengungkapkan, pengguna Instagram dan Facebook dapat berlangganan Meta Verified seharga Rp 100.000 per bulan untuk pengguna Instagram dan Facebook versi web.

Sementara layanan Meta Verified untuk pengguna iOS dan Android dibanderol dengan harga lebih mahal, yakni Rp 130.000 per bulan.

Meski sudah diumumkan, pantauan KompasTekno opsi "Meta Verified" belum muncul di menu "Settings atau "Account Center". Kemungkinan opsi langganan ini akan digelontorkan secara bertahap kepada akun yang memenuhi syarat.

Benefit langganan Meta Verified

Ilustrasi akun Instagram centang biru.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi akun Instagram centang biru.
Dalam postingan yang sama, Pieter merinci benefit yang didapatkan pengguna bila berlangganan Meta Verified.

Baca juga: Cara agar Akun Twitter Tetap Punya Centang Biru

Pertama, akun pengguna Instagram dan Facebook akan secara otomatis diverifikasi (verified account) dengan lencana centang biru.

"Lencana terverifikasi ini mengonfirmasi bahwa Anda adalah Anda yang sebenarnya dan bahwa akun Anda telah diautentikasi dengan ID pemerintah," tulis Pieter.

Kedua, pengguna akan mendapatkan perlindungan ekstra dari terhadap akun yang mengaku sebagai pengguna. Caranya, Meta akan melakukan pemantauan akun secara proaktif untuk peniru yang mungkin menargetkan orang-orang dengan audiens online yang terus bertambah.

Terakhir, pengguna yang berlangganan Meta Verified juga akan mendapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan serta fitur stiker eksklusif.

Syarat berlangganan Meta Verified

Untuk berlangganan Meta Verified dan menikmati seluruh benefitnya, pengguna harus memastikan telah memenuhi syarat minimum berikut ini:

  • Berusia minimal 18 tahun atau lebih.
  • Memiliki profil publik atau pribadi dengan nama lengkap sesuai dengan standar penamaan, dan memiliki foto profil yang menyertakan wajah pengguna.
  • Mengaktifkan autentikasi dua faktor, dapat diselesaikan setelah pembayaran.
  • Memenuhi persyaratan aktivitas minimum, seperti riwayat posting sebelumnya.
  • Memiliki tanda pengenal resmi (ID yang dikeluarkan pemerintah) yang sesuai dengan nama dan foto di profil.

Dalam laman Help Center, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (14/7/2023), Instagram mengatakan bahwa, untuk saat ini, akun bisnis belum dapat mengajukan lencana Meta Verified

Selain itu, pengguna tidak dapat mengubah nama profil, nama pengguna, tanggal lahir, atau foto profil pengguna tanpa melalui proses verifikasi lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com