Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kecepatan Download Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren Juni 2023

Kompas.com - 18/07/2023, 12:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber OpenSignal

KOMPAS.com - Perusahaan riset jaringan mobile, OpenSignal merilis laporan bertajuk "Indonesia Mobile Network Experience Report" untuk Juni 2023.

Laporan tersebut menyuguhkan data pengalaman internet seluler di Tanah Air meliputi kecepatan unduh (download) dan unggah (upload), pengalaman bermain game dan streaming video, hingga pengalaman jangkauan (coverage experience).

Lantas, seberapa cepat download dengan internet seluler dari operator seluler di Indonesia, Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren?

Dari kelimanya, Telkomsel menjadi Internet Service Provider (ISP) atau penyedia layanan internet seluler yang paling "ngebut" di Tanah Air.

Baca juga: OpenSignal: Kecepatan Download Telkomsel Naik 25 Persen

Dalam laporan OpenSignal, Telkomsel tercatat memiliki kecepatan download 22 Mbps.

Menurut OpenSignal, kecepatan download Telkomsel mengalami peningkatan signifikan (25,2 persen) dibandingkan dengan hasil riset pada akhir 2022 lalu, yaitu dari rata-rata 17,6 Mbps naik menjadi 22 Mbps.

Kecepatan download Telkomsel itu paling cepat dibandingkan empat operator seluler lainnya di mana XL dengan 21,1 Mbps serta Indosat dan Tri dengan 15,3 Mbps. Sedangkan, paling bontot ada Smartfren dengan kecepatan download paling lambat di Indonesia, yakni 12,6 Mbps.

Data kecepatan download dan upload 5 operator seluler di Indonesia per Juni 2023. OpenSignal Data kecepatan download dan upload 5 operator seluler di Indonesia per Juni 2023.
Kecepatan upload

Selain di kecepatan download, Telkomsel juga juara untuk kecepatan upload dengan 9,5 Mbps. Angka ini dilaporkan naik dari 8,2 Mbps pada akhir 2022.

Adapun kecepatan upload XL, Indonsat, dan Tri masing-masing adalah 7,7 Mbps, 8,3 Mbps, dan 8,5 Mbps. Smartfren ada di posisi terakhir dengan kecepatan upload 1,9 Mbps.

Pengalaman lainnya

Di kategori pengalaman video, Telkomsel menjadi satu-satunya operator seluler di Indonesia yang mendapatkan rating Good (skor 58-68 poin), yaitu dengan skor 60,4 poin (skala 100 poin).

Telkomsel unggul 2,6 poin dibandingkan Hutchison Tri Indonesia yang berada di urutan kedua.

Baca juga: 4 Cara Cek Kuota Telkomsel Praktis dan Cepat

Dengan skor tersebut, artinya kebanyakan pengguna Telkomsel bisa streaming video kualitas 720p ke atas, dengan waktu loading sedikit.

Sementara Hutchison 3, Indosat, dan XL masing-masing berada di kategori Fair (58-68 poin), sementara Smartfren berada di urutan terakhir dengan skor 46,4 poin atau kategori Poor (di bawah 48).

Telkomsel memimpin dengan skor 8,9 poin (skala 0-10). Metrik ini mengukur jangkauan jaringan seluler di suatu tempat di mana orang tinggal, bekerja, dan bepergian, yang mewakili pengalaman yang diterima pengguna saat mereka bepergian di sekitar area, di mana mereka secara wajar diharapkan bisa menemukan jaringan.

Menyusul di belakang Telkomsel secara berturut-turut adalah Hutchison 3 dan Indosat (4,9 poin), XL Axiata (4,6 poin), dan Smartfren (2,3 poin), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman OpenSignal, Selasa (18/7/2023).

Untuk melihat laporan Mobile Network Experience Juni 2023 yang lebih lengkap dari OpenSignal, kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com