Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nearby Share Resmi Hadir di Windows, Aplikasi Berbagi File Mirip Apple Airdrop

Kompas.com - 20/07/2023, 15:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google resmi meluncurkan dukungan fitur Nearby Share untuk Windows. Sebelumnya, dukungan Nearby Share baru tersedia di perangkat Windows dalam versi beta sejak Maret lalu.

Nearby Share merupakan fitur berbagi file antar perangkat termasuk smartphone, tablet, Chromebook dan lainnya. Fungsinya sama persis dengan AirDrop di perangkat Apple.

Dengan hadirnya dukungan Nearby Share di Windows, artinya pengguna smartphone bisa berbagi file atau dokumen ke PC/laptop berbasis Windows secara nirkabel.

"Hari ini menandai peluncuran resmi Nearby Share di Windows, yang menawarkan peningkatan kinerja dan fungsionalitas baru yang bisa mempermudah Anda berbagi konten dan tetap produktif," kata Ronald Ho, Group Product Manager Android, dikutip KompasTekno dari blog Google, Kamis (20/7/2023).

Di smartphone atau tablet, fitur Nearby Share tersedia secara otomatis sebagai fitur bawaan Android. Adapun di Windows, Nearby Share hadir dalam format aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna PC/laptop Windows.

Baca juga: Google Rilis Nearby Share di Android, Fitur Berbagi File Mirip Apple AirDrop

Menurut keterangan Google, aplikasi itu bisa berjalan di komputer berbasis Windows 10 atau lebih baru. Fitur ini juga memerlukan Blueetooth dan WiFi untuk memproses pengiriman file.

Saat masih tersedia dalam versi beta, Nearby Share di Windows hanya bisa diakes sejumlah pengguna saja. Nah, peluncuran kali ini merupakan pembaruan Nearby Share versi stabil dan sudah bisa diunduh oleh semua pengguna PC/laptop Windows di seluruh dunia.

Melalui pembaruan itu, Google meningkatkan kecepatan dan performa Nearby Share. Selain itu, Google juga menambahkan sejumlah fitur termasuk perkiraan durasi pengiriman file besar hingga pratinjau (preview) gambar dalam notifikasi untuk memastikan bahwa file yang dikirim tidak keliru.

Google mengeklaim Nearby Share sudah terpasang di 1,7 juta lebih pengguna.

"Nearby Share untuk Windows tersedia sebagai unduhan aplikasi di PC di seluruh dunia, kini sudah dipasang oleh lebih dari 1,7 orang," ujar Ho.

File yang paling banyak dikirim pengguna yaitu foto dan video, dengan lebih dari 50 juta file dikirim antar PC dan perangkat Android.

Bila Anda tertarik mencoba berkirim file dari laptop via Nearby Share, Anda bisa mengunduhnya melaluia tautan ini.

Adapun cara berbagi file dari PC/laptop Windows ke perangkat lain seperti smartphone, bisa Anda simak pada artikel Cara Kirim File dari Ponsel Android ke Laptop Pakai Fitur Nearby Share.

Baca juga: Apa itu AirDrop di iPhone? Mengenal Fungsi dan Cara Menggunakannya

Mirip Apple AirDrop

Seperti dikatakan sebelumnya, fitur Nearby Share mirip dengan AirDrop besutan Apple. Disebut mirip karena Nearby Share bisa dipakai untuk berbagi aneka file, seperti musik, video, dan foto, dari satu ponsel ke ponsel atau perangkat lainnya secara nirkabel.

Nearby Share dirilis Google pada Agustus 2020. Saat itu, fitur ini digulirkan secara bertahap kepada para pengguna perangkat Android versi 6.0 (Marshmallow) atau yang lebih baru. Pada tahap awal, fitur ini dirilis untuk perangkat Pixel dan Samsung.

Kini fitur itu sudah ada di aneka perangkat berbasis Android termasuk smartphone, tablet, Chromebook hingga diperluas ke PC/laptop Windows.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com