Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Pembayaran Google Play Ditolak? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 22/07/2023, 18:45 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna Android yang ingin mengakses aplikasi-aplikasi premium harus mengunduhnya di Google Play Store. Aplikasi premium inilah yang biasanya dikenakan harga beragam sehingga pengguna yang akan membelinya harus membayar sejumlah nominal tertentu.

Untuk pembayarannya, pegguna dapat memilih dengan berbagai metode offline maupun online. Namun tak jarang pengguna mengalami masalah. Salah satunya yaitu pembayaran Google Play ditolak menggunakan kartu kredit atau debit. Tentu hal ini cukup menghambat pengguna saat ingin segera mengakses aplikasi.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menangani gagal bayar di Google Play.

Baca juga: Cara Cek Langganan Google Play agar E-wallet atau Pulsa Tidak Terpotong Otomatis

Cek saldo rekening bank Anda

Jika pembayaran Anda ditolak, bisa jadi kartu debit tidak memiliki saldo yang cukup untuk melakukan transaksi. Maka dari itu, cek kembali kartu debit yang digunakan. Apabila memang saldo tidak cukup, Anda bisa melakukan pembayaran dengan metode lain. Salah satunya via e-wallet maupun offline di minimarket terdekat.

Cek koneksi internet perangkat Anda

Saat melakukan pembayaran, pastikan jaringan internet di perangkat Anda stabil. Hal ini dikarenakan untuk menghubungkan kartu kredit/debit, pengguna perlu memasukkan beberapa data sebelum melakukan pembayaran.

Pembayaran Google Play yang ditolak bisa jadi karena koneksi internet yang tidak stabil, sehingga pembayaran Google Play tidak dapat diproses dengan lancar.

Cek kembali verifikasi detail kartu

Saat akan membayar, pengguna harus memasukkan verifikasi detail kartu seperti nomor CVV, tanggal kadaluwarsa, dan nomor kartu. Untuk memastikannya lagi, cek kembali apakah detail yang Anda masukkan sudah benar. Salah satu penyebab pembayaran yang ditolak bisa jadi karena detail kartu yang Anda masukkan terdapat kesalahan.

Memasukkan ulang kartu pembayaran

Cobalah untuk menghapus kartu debit/kredit yang digunakan, kemudian memasukkan data-datanya kembali. Berikut ini caranya:

  • Klik profil Google Play
  • Pilih "Pembayaran dan langganan"
  • Klik "Metode pembayaran"
  • Gulir ke bawah dan pilih "Setelan pembayaran lain"
  • Kemudian klik "Hapus" pada metode pembayaran yang telah terhubung dengan Google Play
  • Selanjutnya, masukkan ulang kartu debit/kredit yang akan digunakan

Hapus cache aplikasi

Aplikasi Google Play Store bisa jadi mengalami eror karena cache yang menumpuk. Hal ini dapat menyebabkan bug dan menjadi penyebab pembayaran ditolak. Maka dari itu, Anda bisa menghapus cache aplikasi di pengaturan ponsel. Berikut ini cara menghapus cache.

  • Buka "pengaturan" dan pilih "aplikasi"
  • Klik "Kelola aplikasi"
  • Pilih "Play Store" > "Hapus data"
  • Kemudian pilih "Hapus cache"

Cara ini dilakukan di HP Xiaomi Redmi Note 10S. Namun, langkah-langkah serupa dapat ditemukan di pengaturan ponsel lainnya

Mengganti metode pembayaran lain

Google Play tidak hanya menyediakan satu metode pembayaran, tetapi pengguna bisa memanfaatkan berbagai pilihan lainnya, seperti menggunakan e-wallet OVO, GoPay, DANA, dan sebagainya, atau membayar secara offline. 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Masalah Layanan Google Play Terhenti

Itulah cara mengatasi pembayaran Google Play yang ditolak. Semoga membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com