Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Pamer Lipatan Galaxy Z Flip 5 Tanpa Celah

Kompas.com - 22/07/2023, 19:16 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Samsung meriils video teaser terbaru untuk menyambut ponsel lipat terbarunya yang akan dirilis dalam ajang Galaxy Unpacked 2023 pada 26 Juli mendatang. Salah satu ponsel lipat tersebut diduga kuat adalah Galaxy Z Flip 5.

Dalam video yang diunggah oleh akun resmi Samsung India di Twitter, Samsung memamerkan ponsel Galaxy Z Flip 5 yang dilipat untuk membentuk simbol. Ponsel ini tampak memiliki sejumlah varian warna, yakni hitam, putih, hijau, dan merah jambu (pink).

Ada dua simbol yang dibuat, yakni simbol menyerupai segitiga terbalik dan simbol tanda plus alias tanda tambah. Video berdurasi 15 detik itu juga dilengkapi sejumlah slogan seperti "Color your flip side" dan "Join the flip side".

Kemudian, video ditutup dengan jadwal Galaxy Unpacked dan ajakan untuk melakukan reservasi awal (pre-reserve), sebelum smartphone tersebut diumumkan secara resmi.

Baca juga: Bocoran Harga Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5

Samsung tidak menjelaskan makna dari berbagai simbol tersebut. Sebaliknya, mereka mengajak warganet untuk "memutar otak" dan mengungkap misteri di balik simbol itu.

Menariknya, cuplikan video ini memperlihatkan Samsung Galaxy Z Flip 5 bisa tertutup rapat tanpa ada celah. Kondisi ini lipatan tanpa celah ini konon bisa diperoleh oleh engsel baru yang hadir di Galaxy Z Flip 5.

Hal ini tentunya berbeda dengan pendahulunya, Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Z Flip 4. Kedua smartphone lipat ini masih memiliki celah dalam keadaan tertutup. 

Dengan demikian, Samsung bisa menyaingi sejumlah pabrikan China yang sudah lebih dulu memperkenalkan smartphone lipat tanpa celah, misalnya Oppo dan Honor, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (22/7/2023).

Punya layar sekunder besar

Bocoran layar sekunder Galaxy Z Flip 5 yang lebih besar ketimbang pendahulunyaYouTube/Samsung Bocoran layar sekunder Galaxy Z Flip 5 yang lebih besar ketimbang pendahulunya
Selain itu, Samsung juga sebelumnya merilis video promosi Galaxy Z Flip 5. Dalam video bertajuk "Samsung Galaxy: Join the flip side — Season 2", Samsung tampak memberi "kode" mengenai desain Galaxy Z Flip 5.

Dalam sebuah adegan, tampak bahwa ada sebuah ponsel yang disimpan di saku jaket dan hanya terlihat samar-samar. Dalam adegan itu, tampak sebuah perangkat dengan layar yang besar.

Hal ini sesuai dengan bocoran yang sudah banyak tersebar di dunia maya. Samsung konon memperbesar layar sekunder di Galaxy Z Flip 5 dari 1,9 inci menjadi 3,4 inci.

Jika prediksi ini benar, perluasan layar yang dilakukan perusahaan bakal dapat meningkatkan aksesibilitas pengguna, dan perangkat akan mengalami perubahan desain yang cukup signifikan.

Baca juga: Tampang Samsung Galaxy Z Flip 5 Makin Jelas, Punya Layar Sekunder Lebar

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 5

Samsung Galaxy Z Flip 5 digadang-gadang datang dengan sejumlah peningkatan. Salah satunya di bagian desain. Perangkat diduga mengadopsi konstruksi engsel yang berbeda dari sebelumnya.

Konstruksi engsel tersebut diklaim dapat menyamarkan bekas lipatan di layar depan. Lipatan yang tersamarkan juga ditujukan untuk meningkatkan pengalaman mengakses layar, agar lebih maksimal.

Samsung Galaxy Z Flip juga disinyalir mengandalkan chipset yang sama dengan Galaxy S23 series, yakni Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. System-on-Chip (SoC) ini konon dipadu dengan ruang penyimpanan seluas 128 GB, 256 GB, hingga 512 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com