Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ShopeeFood Bantah Kabar Komisi Merchant Naik Jadi 25 Persen per 1 Agustus

Kompas.com - 25/07/2023, 09:33 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan ini, ramai kabar di media sosial yang mengatakan bahwa Shopee akan menaikkan komisi merchant Shopee Food. Komisi merchant ini merupakan biaya bagi hasil yang diambil Shopee dari hasil jualan merchant atau pedagang di ShopeeFood.

Dalam sebuah gambar yang tersebar di dunia maya, komisi merchant ShopeeFood disebut bakal naik dari 20 persen menjadi 25 persen per 1 Agustus 2023.

Shopee membantah kabar kenaikan komisi merchant tersebut. Melalui keterangan resmi kepada KompasTekno, Selasa (25/7/2023), juru bicara Shopee Indonesia mengatakan bahwa rumor tersebut tidak benar.

Baca juga: 6 Marketplace Terbesar di Indonesia Tahun 2022, Shopee Teratas

"ShopeeFood menyadari ada informasi yang beredar di media sosial terkait rencana kenaikan komisi Merchant ShopeeFood dalam beberapa hari terakhir," ungkap juru bicara ShopeeFood Indonesia.

"Kami sampaikan bahwa informasi tersebut tidak benar. ShopeeFood tidak memiliki rencana menaikkan komisi untuk seluruh Merchant ShopeeFood per tanggal 1 Agustus 2023," lanjut juru bicara ShopeeFood Indonesia.

ShopeeFood tidak menyebutkan adanya rencana penyesuaian komisi merchant ShopeeFood dalam waktu dekat.

Artinya, komisi Merchant ShopeeFood masih sebesar 20 persen. Angka itu masih sama seperti awal kehadirannya di Tanah Air, sejak April 2020. Layanan pesan-antar makanan lewat ojek online (ojol) ini hadir di Indonesia sejak awal 2021.

Pada Maret 2021, Head of Campaigns and Growth Marketing ShopeeFood Cindy Candiawan menyatakan bahwa pihaknya menerapkan skema komisi hingga 20 persen untuk layanan standar.

Baca juga: Daftar Biaya Top Up Shopee Pay Terbaru per Bulan Mei 2023

Rumor beredar di dunia maya

Sebelumnya, ramai beredar kabar bahwa ShopeeFood akan menaikkan angka komisi merchant dari semula 20 persen menjadi 25 persen per 1 Agustus mendatang. Informasi itu beredar dalam sebuah tangkapan layar berisi tulisan yang seolah pernyataan dari ShopeeFood.

Dalam tangkapan layar tersebut, merchant atau pedagang diimbau untuk melakukan penyesuaian harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com