Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Sharp Masih "PD" Jualan Smartphone di Indonesia meski Persaingan Ketat

Kompas.com - 26/07/2023, 15:45 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan elektronik asal Jepang, Sharp resmi meluncurkan dua ponsel terbarunya di Indonesia, yaitu Sharp Aquos R7s dan Aquos V7 Plus. Kedua perangkat ini menambah panjang daftar smartphone Sharp yang diluncurkan di Tanah Air, setelah Aquos V6.

Di Indonesia, pangsa pasar smartphone Sharp memang tak sebesar vendor kenamaan lain, terutama brand China. Akan tetapi, Sharp tetap percaya diri (PD) menjual smartphone baru di Tanah Air.

Menurut AUVI Product Head Division PT Sharp Electronics Indonesia, Ardy Sofyan, terdapat sejumlah alasan yang mendorong perusahaan untuk tetap meluncurkan smartphone di Indonesia.

"Pertama, pasarnya. Kalau lihat pasar smartphone di Indonesia, per bulannya ponsel bisa terjual 3 hingga 4 juta unit," kata Ardy kepada KompasTekno dalam acara peluncuran Sharp Aquos R7s dan Aquos V7 Plus di Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2023).

"Coba bandingkan dengan TV LED yang umumnya hanya terjual sebanyak 300.000. Angka jutaan itu kan luar biasa," imbuhnya.

Baca juga: Garansi Panel TV Tak Lagi 5 Tahun, Ini Kata Sharp

Ardy menambahkan, industri smartphone memiliki perputaran modal yang cepat, sehingga tentunya membuat Sharp makin "tergiur" untuk masuk ke industri tersebut.

"Perputaran modal di industri smartphone terbilang cepat, karena smartphone baru diluncurkan setiap enam bulan atau satu tahun sekali. Jadi, kita tertarik untuk melanjutkan ekspansi ke divisi smartphone, sekaligus untuk memperkuat brand Sharp," lanjut Ardy.

Ardy enggan menyebut lebih rinci berapa pangsa pasar smartphone Sharp di Indonesia. Dia hanya mengatakan volume pengiriman smartphone Sharp belum besar. Dia berharap, pangsa pasar smartphone Sharp di Indonesia semakin meningkat ke depannya.

"Tahun lalu, kita menargetkan agar 2023, Sharp memegang pangsa pasar sekitar 5-10 persen. Itu belum tercapai. Sekarang, kita usahakan untuk menargetkan 5 persen dulu," katanya.

Spesifikasi Sharp Aquos R7s dan Aquos V7 Plus

Aquos V7 Plus resmi dirilis di Indonesia pada Rabu (26/7/2023). Ponsel ini datang dengan sejumlah peningkatan misalnya dari sektor layar dan media penyimpananKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Aquos V7 Plus resmi dirilis di Indonesia pada Rabu (26/7/2023). Ponsel ini datang dengan sejumlah peningkatan misalnya dari sektor layar dan media penyimpanan

Sharp Aquos R7s mengunggulkan sektor kamera dengan sensor berukuran satu inci di kamera utamanya. Kamera ini memiliki resolusi 47,2 MP (f/1.9) dan dilengkapi fitur octa-PDAF autofocus.

Selain kamera utama, punggung Aquos R7s juga dilengkapi kamera portrait 1,9 MP. Sementara itu, bagian depan smartphone memiliki kamera selfie 12,6 MP (f/2.3).

Beralih ke layar, ponsel ini mengusung panel IGZO OLED 6,6 inci dengan resolusi 1.260 x 2.730 piksel, refresh rate 240 Hz, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 2.000 nits.

Untuk hardware, Aquos R7s diotaki System-on-Chip (Soc) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, yang dipadankan dengan RAM LPDDR5 12 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 3.1 256 GB.

Selain Aquos R7s, Sharp juga meluncurkan Aquos V7 Plus di waktu yang bersamaan. Sharp Aquos R7s dibanderol lebih murah, yakni Rp 2 jutaan.

Baca juga: Hanya TV XLED Sharp Aquos FV1 Berukuran Besar yang Dijual di Indonesia, Kenapa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com