Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obsesi Elon Musk dengan Huruf X, dari Nama Anak hingga Jadi Logo Twitter

Kompas.com - 25/07/2023, 19:45 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilik Twitter, Elon Musk, mengubah logo burung biru yang selama ini melekat pada mikroblog itu menjadi huruf "X". Logo baru itu juga sudah terpasang di situs web Twitter, meskipun belum terlihat di Twitter versi mobile.

Selain logo, Elon Musk juga mengubah situs X.com agar mengarah ke halaman depan Twitter, selain Twitter.com.

Sejak lama Musk memang seolah terobsesi dengan huruf X. Hal ini terlihat dari sejumlah produk yang ia kembangkan, termasuk perusahaan pertama yang Musk dirikan.

Bahkan penamaan beberapa anaknya juga mengandung huruf X, hingga anak pertamanya dari penyanyi Grimes yang dipanggil X.

Beli domain X.com

Jauh sebelum membangun SpaceX atau Tesla, Musk pernah mengembangkan layanan keuangan bernama X.com tahun 1999. Ini merupakan pertama kalinya Musk memakai huruf "X" pada produk/layanan yang ia kembangkan.

Baca juga: Logo dan Nama Perusahaan Twitter Resmi Berubah Jadi X

Musk sebenarnya pernah dibujuk untuk memberikan nama lain agar tidak cenderung ke satu gender, tetapi ia tetap memakai X.

"Semua orang mencoba membujuknya untuk tidak menamai perusahaan (dengan) itu karena kecenderungan seksual, tetapi dia sangat menyukainya dan mempertahankan itu," Ashlee Vance, penulis Elon Musk: Tesla, SpaceX, dan Quest for a Fantastic Future, tentang domain X.com.

X.com kemudian merger dengan Confinity, perusahaan pemilik layanan transfer uang, PayPal pada tahun 2000. Pada tahun ini pula Musk keluar dari perusahaannya karena berselisih dengan eksekutif lainnya.

Setahun kemudian atau pada 2001, gabungan perusahaan itu pada akhirnya disebut sebagai PayPal hingga diakuisisi oleh Ebay pada tahun 2002.

Tahun 2017 Musk membeli nama domain X.com. Domain ini sebelumnya dimiliki oleh PayPal, tetapi kemudian tidak diaktifkan lagi. Musk lantas membeli domain itu, tetapi harga belinya tidak pernah diungkapkan oleh PayPal, dilansir dari The Verge.

"Terima kasih PayPal karena mengizinkan saya membeli lagi X.com! Belum ada rencana saat ini, tetapi itu memiliki nilai sentimental yang besar bagi saya," cuit Musk di Twitter usai membeli X.com.

SpaceX

Setelah hengkang dari X.com atau PayPal, Musk mendirikan perusahaan transportasi luar angkasa yang mengandung huruf "X", yakni SpaceX di tahun 2002. Perusahaan ini secara resmi dikenal sebagai Space Exploration Technologies Corporation.

Baca juga: Makna di Balik X, Logo Twitter Baru Pengganti Burung Biru

Di SpaceX, Musk berperan sebagai pendiri sekaligus CEO perusahaan hingga kini. Berkat kecanggihannya, banyak pihak yang kagum dengan SpaceX termasuk badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA.

Tesla Model X

Elon Musk dan beberapa rekannya juga mendirikan perusahaan otomotif Tesla. Salah satu produk dari Tesla diberi nama Model X dan mulai dijual secara komersil pada tahun 2016.

Model X sendiri merupakan mobil listrik SUV (Sport Utility Vehicle) mewah berukuran sedang dengan pintu bergaya seperti sayap elang alias falcon wing.

Tesla Model XIrish Times Tesla Model X

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com