Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook dan Instagram Mulai Blokir Berita Lokal dan Internasional di Kanada

Kompas.com - 02/08/2023, 15:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Meta resmi mulai memblokir semua konten berita di Facebook dan Instagram khusus untuk wilayah Kanada per 1 Agustus 2023. Dengan begitu, warga yang tinggal di Kanada tidak bisa membaca berita di dua platform jejaring sosial milik Meta.

Pemblokiran konten berita di Kanada dilakukan sebagai bentuk penolakan Meta terhadap Undang-Undang Berita Online (Online News Act) atau dikenal Bill C-18. Aturan ini mewajibkan Meta membayar media atau penerbit untuk konten berita yang dibagikan di platform.

Sejumlah jurnalis Kanada melaporkan bahwa konten berita bikinannya sudah tidak bisa diakses di Kanada pada 1 Agustus pagi. Salah satunya dilaporkan oleh Anna Mary Mckenzie, seorang jurnalis di media lokal IndigiNews.

Baca juga: Asosiasi Komentari Rencana Pemerintah Indonesia Wajibkan Google, Facebook dkk Bayar Konten Berita

Dalam sebuah utas di platform X (dulu Twitter), Mckenzie melaporkan bahwa dirinya kini sudah tidak bisa melihat konten berita di feed maupun stories akun Instagram @IndigiNews.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan Mckenzie, akun milik perusahaan media dengan 14.000 pengikut (follower) benar-benar gelap-gulita, tanpa ada konten apapun yang ditampilkan, baik di feed, Instagram Stories, maupun highlight.

Dalam laman feed, tertulis informasi berbunyi "People in Canada can't see this content. In reponse to Canadian government legislation, news content can't be viewed in Canada. Learn more." (Orang di Kanada tidak bisa melihat konten ini. Sebagai respons untuk aturan pemerintah Kanada, konten berita tidak bisa dibuka di Kanada. Pelajari lebih lanjut).

Bagi Mckenzie, kejadian ini sangat menakutkan baginya. Sebab, Meta tak segan memblokir konten berita di Kanada, meski aturan Bill C-18 belum sepenuhnya berlaku.

"Hati saya hancur karena saya bekerja sangat keras pada dua cerita minggu lalu, (tapi kini) orang Kanada tidak dapat mengaksesnya," tulis Mckenzie lewat akun @legally_cree.

Tak hanya di Instagram, orang Kanada juga sudah tidak bisa membaca berita di Facebook. Menurut pengalaman jurnalis lokal Kanada di The Sarnia Journal, Tara Jeffrey, ia bisa membagikan artikel berita soal orang hilang ke Facebook.

Namun setelah dibagikan, Jeffrey mendapatkan informasi berbunyi "your content was shared but cannot be viewed in Canada. Learn more." (konten Anda dibagikan tapi tidak bisa dilihat di Kanada Pelajari lebih lanjut).

Artinya, meski dibagikan, orang Kanada tidak akan bisa membaca berita orang hilang bikinannya.

"Saya pikir bagian terburuk dari menerima pesan ini hari ini adalah fakta bahwa itu datang setelah kami memposting tentang seorang wanita hilang di Sarnia. Bukan hanya organisasi berita yang akan menderita akibat ini. Itu seluruh komunitas," kata Jeffrey di X.

Berita internasional juga diblokir di Kanada

Ilustrasi beritaFreepik.com/Pikisuperstar Ilustrasi berita
Tak hanya berita lokal Kanada, berita dari outlet perusahaan media juga tidak bisa diakses oleh pengguna Facebook dan Instagram di Kanada.

Hal itu dikarenakan tautan (link) ke konten berita internasional yang dibagikan oleh pengguna juga diblokir.

Baca juga: Microsoft Ingin UU Media di Australia Ditiru Eropa

Misalnya, jika orang Kanada berteman dengan seseorang yang tinggal di Indonesia. Teman asal Indonesia ini membagikan link di Facebook yang mengarah ke artikel KompasTekno ini. Nah, temannya di Kanada itu tidak akan dapat melihatnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com