Microsoft Ingin UU Media di Australia Ditiru Eropa

Kompas.com - 26/02/2021, 15:31 WIB
ilustrasi Microsoft cnet.comilustrasi Microsoft

KOMPAS.com - Australia beberapa waktu lalu mengesahkan undang-undang yang membuat perusahaan teknologi wajib membayar sejumlah uang kepada penerbit berita untuk konten beritanya muncul di platform mereka.

Undang-Undang bernama Bergaining Media Code Law tersebut mendapatkan penolakan dari perusahaan teknologi, khususnya Facebook dan Google.

Kendati ditolak habis-habisan oleh perusahaan teknologi, Microsoft justru menghimpun kekuatan untuk mendorong agar regulasi seperti Bergaining Code Law ini dapat diterapkan di Eropa.

Microsoft mengungkapkan telah membentuk aliansi dengan empat penerbit Eropa untuk mendorong regulasi tersebut.

Adapun keempat penerbit itu adalah Emma Press, European Newspaper Publishers' Association (ENPA), New Musical Express (NME), dan European Publishers Council (EPC).

"Ini merupakan sebuah solusi untuk memastikan bahwa penerbit pers Eropa mendapatkan bayaran atas penggunaan konten mereka oleh perusahaan teknologi dengan kekuatan pasar dominan," kata Microsoft dalam sebuah unggahan blog resmi.

Baca juga: Duduk Perkara Polemik UU Media antara Pemerintah Australia dengan Facebook dan Google

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inisiatif Microsoft dan empat penerbit ini juga sejalan dengan Petunjuk Hak Cipta di Pasar Tunggal Digital (Digital Single Market Copyright Directive) yang berlaku di Uni Eropa.

Petunjuk yang dibuat pada 2019 silam itu salah satunya berisi arahan mengenai "link tax".

Link tax ini memberikan penerbit berita lebih banyak kekuatan untuk menegosiasikan kesepakatan lisensi konten mereka yang dimuat oleh agregator berita, mesin pencarian, dan platform online lainnya yang menggunakan konten berita milik penerbit tersebut.

Menurut Microsoft, negosiasi yang diamanatkan petunjuk tersebut tidak akan memberikan hasil yang adil kecuali ada peraturan tambahan, misalnya melalui Undang-Undang Pasar Digital.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.