Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Media, TikTok Jadi Sumber Mencari Berita Para Gen-Z

Kompas.com - 24/07/2023, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok rupanya tak hanya menjadi aplikasi media sosial populer di kalangan generasi Z (Gen-Z) atau mereka yang berusia 16-24 tahun (kelahiran 1997-2012). Di Inggris, aplikasi berbagi video pendek ini juga menjadi salah satu sumber mencari berita terpopuler di kalangan Gen-Z.

Berdasarkan laporan regulator komunikasi asal Inggris, Ofcom berjudul "News Consumption in the UK: 2023", satu dari sepuluh responden, mengaku menggunakan TikTok untuk mencari berita. Jumlah itu kira-kira 10 persen dari total responden.

TikTok bahkan mengungguli beberapa media kenamaan untuk pertama kalinya. Di antaranya adalah stasiun radio nasional Inggris, BBC Radio 1 (8 persen) dan Channel 5 (8 persen). TikTok bahkan menyamai persentase outlet media The Guardian (10 persen).

Masih dari laporan Ofcom, TikTok sudah mulai menjadi salah satu sumber mencari berita warga Inggris sejak tahun 2020. Pada saat itu, setidaknya 1 persen orang dewasa (di atas 16 tahun) di Inggris menggunakan TikTok untuk mencari berita.

Baca juga: Saat TikTok Mulai Jadi Sumber Berita oleh Gen Z...

Pada tahun 2022, sebanyak 3,9 juta atau sekitar 7 persen orang dewasa di Inggris mengaku menggunakan TikTok sebagai sumber menjadi berita. Jumlah ini naik cukup drastis dibanding tahun 2020.

Tangkapan layar laporan Ofcom berjudul News Consumption in the UK: 2023, menampilkan daftar sumber berita terpopuler di Inggris, di mana TikTok mengungguli BBC Radio 1 dan Channel 5.Ofcom UK Tangkapan layar laporan Ofcom berjudul News Consumption in the UK: 2023, menampilkan daftar sumber berita terpopuler di Inggris, di mana TikTok mengungguli BBC Radio 1 dan Channel 5.

Selain TikTok, beberapa media sosial lain juga menjadi sumber mencari berita Gen-Z di Inggris. Aplikasi pesan instan, WhatsApp digunakan 13 persen responden, Instagram 16 persen, Twitter 17 persen, dan Facebook 30 persen responden.

Facebook menjadi media sosial paling populer yang digunakan untuk mencari berita di Inggris tahun ini. Sebanyak 13 persen responden juga disebut masih "googling" alias mencari informasi di situs search engine Google.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Press Gazette, Senin (24/7/2023), survei yang dilakukan Ofcom melibatkan sebanyak 4.556 responden yang dilakukan secara online (daring) ataupun offline (luring).

Periode survei dilakukan dengan beberapa tahap dari 7 November 2022, 7 Desember 2022, 27 Februari 2023, dan 3 April 2023.

Baca juga: Gen-Z di TikTok Tersadar, Kamera DSLR Lebih Bagus ketimbang iPhone

Kebiasaan pola konsumsi berita

IlustrasiPEXELS.com/Markus Winkler Ilustrasi

Ofcom menyebut sebagian besar responded yang menggunakan TikTok untuk mencari berita mengaku tetap "up to date" dengan isu terkini karena mereka mengikuti (follow) tokoh-tokoh populer (68 persen) dan jurnalis (64 persen). Mereka juga mengikuti akun media seperti BBC (36 persen).

Menurut Ofcom, BBC menjadi perusahaan media yang paling banyak di-follow pengguna dewasa TikTok di Inggris.

Selain itu, kebiasaan pola dalam mengonsumsi berita di kalangan anak muda juga berbeda. Ofcom menemukan 83 persen responden di usia 16–24 tahun dan 81 persen dari responsen berusia 25—34 tahun, mengaku mendapatkan berita dari sosial media, aplikasi dan situs web.

Baca juga: Bukan Google, Gen Z Lebih Suka Googling di TikTok dan Instagram

Sementara itu, sebanyak 71 persen (16—24 tahun) menggunakan media sosial secara khusus dibanding 47 persen orang dewasa pada umumnya. Adapun 46 persen responden (usia 16—24 tahun) mengaku media sosial sudah menjadi sumber berita terpenting bagi mereka. Untuk lebih rincinya, perhatian tabel berikut ini.

Platform/Usia Internet Media sosial Televisi Radio Koran (e-paper/kertas)
16—24 tahun 83 persen 71 persen 53 persen 25 persen 28 persen
25–34 tahun 81 persen 66 persen 58 persen 28 persen 33 persen

Populer di kalangan remaja

Per 2023 ini, Ofcom mencatat bahwa aplikasi TikTok menjadi platform paling populer di kalangan pengguna remaja berusia 12–15 tahun. Jenis berita atau informasi yang paling diminati adalah berita ringan alias soft news.

Sebanyak 23 persen responden mengaku tertarik pada berita olahraga, 15 persen di berita musik, dan 11 persen lainnya tentang selebriti. Sementara itu, hanya sekutar 8 persen yang mengonsumsi berita kejadian atau berita serius (hard news) yang terjadi di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com