Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJI Osmo Action 4 Resmi Dirilis, Kamera Aksi dengan Sensor Gambar Lebih Besar

Kompas.com - 03/08/2023, 10:25 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - DJI resmi mengumumkan kamera aksi terbarunya, Osmo Action 4. Produk dengan dua layar sentuh di bagian depan dan belakang ini merupakan penerus dari Osmo Action 3 yang dirilis setahun lalu.

Sekilas, kecuali angka "4" di akhir tulisan namanya, Osmo Action 4 tampak serupa dengan pendahulunya. Namun di dalamnya, sensor gambar yang digunakan kini lebih besar, yakni 1/1,3 inci, dibanding 1/1.7 inci di Osmo Action 3.

Ukuran sensor tersebut terbilang jarang ditemukan. Ada setidaknya satu sistem kamera dengan sensor berukuran serupa, yakni kamera ganda di drone terbaru DJI, Air 3. Boleh jadi kamera drone tersebut dan Osmo Action 4 menggunakan sensor yang sama.

Baca juga: Drone DJI Air 3 Resmi, Punya 2 Kamera 4K

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Kamis (3/8/2023), Ponsel flagship Galaxy S23 dari Samsung juga diketahui memiliki sensor 1/1,3 inci.

Dengan sensor yang lebih besar, DJI pun menjanjikan kualtas kualitas gambar lebih tinggi, baik dalam kondisi cahaya terang maupun low-light.

DJI Osmo Action 4DJI DJI Osmo Action 4
"Aperture f/2.8 yang lebar dan ukuran piksel setara 2,4 mikron memberikan tangkapan gambar yang kaya detil dari saat matahari terbit hingga terbenam dan setelahnya," tulis DJI dalam laman produk Osmo Action 4 di situsnya.

Meskipun sensor gambarnya kini lebih besar, DJI tetap mempertahankan cakupan bidang pandang (field of view, FoV) lensa Osmo Action 4 sebesar 155 derajat sehingga diklaim mendekati bidang pandang mata manusia.

Pilihan resolusi perekaman video masih 4K 120 fps. Tersedia juga opsi mode warna 10-bit D-Log M untuk keperluan grading saat post production.

Baca juga: DJI Mavic Air 3 Dijual mulai Rp 17 Juta di Indonesia

Daya tahan baterai Osmo Action 4 sedikit berkurang dibanding Osmo Action 3, yakni hingga 150 menit, dari sebelumnya 160 menit. Namun kemampuan fast charging dipertahankan dan bisa mengisi baterai sebanyak 80 persen dalam 18 menit.

Fitur-fitur lainnya termasuk stabilisasi HorizonSteady 360 derajat dan RockSteady 3.0, Wi-Fi, voice control, perekaman horizontal dan vertikal, sistem quick release berbasis magnet, serta kemampuan tahan air hingga 18 meter tanpa casing tambahan.

DJI memasarkan Osmo Action 4 dengan harga mulai 399 dollar AS atau sekitar Rp 6,1 juta untuk paket standar berisi unit kamera , 1 baterai, adapter mount, frame, dan beberapa kelengkapan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com