Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indikasi Kuat Samsung Galaxy S23 FE Segera Dirilis

Kompas.com - 04/08/2023, 08:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehadiran Samsung Galaxy S23 FE (Fan Edition) tampaknya semakin mendekati kenyataan. Ponsel flagship versi "murah" dari Galaxy S23 series itu disinyalir segera hadir.

Kabar kehadiran Galaxy S23 FE ini diungkap oleh Justin Hume, Wakil Presiden Samsung Mobile Afrika Selatan.

Samsung diyakini tidak akan merilis ponsel kelas menengah Galaxy A74 pada 2023. Padahal, ponsel seri Galaxy A7x series ini menjadi model tertinggi di seri mid-range. Ini membuat seri Galaxy A7x ini "satu tingat" di bawah flagship Galaxy S series.

Makanya, dalam sebuah wawancara, media teknologi Android Authority bertanya kepada Justin Hume, "ada celah (kosong yang bisa diisi oleh) Galaxy FE antara Galaxy A54 5G dan Galaxy S23, bukan?"

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy Z Flip 5 di Indonesia

Justin Hume pun mengiyakan pertanyaan itu.

"Sekarang ada celah Galaxy FE di sana," jawab eksekutif Samsung itu, sebelum tertawa. "Nanti akan ada pengumuman. Sebentar lagi," lanjut Justin Hume.

Pernyataan Justin Hume itu mengindikasikan bahwa kekosongan Galaxy A74 tahun ini tampaknya akan diisi oleh Galaxy S23 FE. Meski begitu, belum ada informasi resmi soal kehadiran ponsel flagship versi "murah" Samsung Galaxy S23 series itu di pasar.

Rumor yang beredar sebelumnya, Samsung S23 FE bakal dirilis di sejumlah pasar pada kuartal III-2023, atau sekitar bulan Juli-Agustus. Kemudian, ponsel ini baru akan dijual ke pasar global yang lebih luas pada kuartal IV (Oktober-Desember) 2023 dan kuartal I (Januari-Maret) 2024.

Kini, menurut laporan GSMArena, Jumat (4/8/2023), Samsung S23 FE diyakini telah terdaftar di halaman sertifikasi HP India, Bureau of Indian Standards (BIS).

Sertifikasi BIS ini wajib diajukan vendor yang ingin menjual ponsel di pasar India. Samsung Galaxy S23 diyakini terdaftar di BIS dengan nomor model SM-S711B/DS.

Bocoran spesifikasi Galaxy S23 FE

Samsung Galaxy S21 FE 5G menawarkan deretan warna yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna, yakni olive, lavender, white, graphite, serta navy blue. KOMPAS.com/Yakob Arfin T Sasongko Samsung Galaxy S21 FE 5G menawarkan deretan warna yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna, yakni olive, lavender, white, graphite, serta navy blue.
Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE juga sudah banyak bertebaran di internet.

Ponsel ini konon bakal ditenagai chipset Exynos 2200 dan Snapdragon 8 Gen 1 di sejumlah wilayah pemasaran. Bukan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy seperti trio Galaxy S23 series.

Baca juga: Janji Bos Desain Samsung, Bawa Gebrakan Baru untuk Produk Mendatang

Galaxy S23 FE disinyalir memiliki layar 6,4 inci, kamera 50 MP, RAM 6/8 GB dan penyimpanan 128/256 GB, Android 13, baterai 4.500 mAh, dukungan fast charging 25 watt, wireless charhing 15 watt, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MySmartPrice, Kamis (3/8/2023).

Bila benar Galaxy S23 FE segera dirilis, ponsel ini bakal menjadi penerus Galaxy S21 FE yang dirilis 2022 lalu. Bila benar, Samsung juga bakal melongkap Galaxy S22 FE.

Namun perlu dicatat, jadwal dan spesifikasi di atas baru sebatas indikasi kuat dan belum bisa dikonfirmasi keakuratannya. Samsung hingga kini belum mengonfirmasi kehadiran Galaxy S23 FE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com