Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat dan Cara agar Kreator Bisa Dapat “Gaji” dari Bagi Hasil Iklan Twitter X

Kompas.com - 16/08/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Platform media sosial X (dulu Twitter) menyediakan beberapa program monetisasi yang memungkinkan kreator konten mendapatkan cuan. Salah satunya yang lagi ramai dibicarakan belakangan adalah program Ads Revenue Sharing.

Baca juga: Ingin Ubah Logo Baru Aplikasi Twitter X Jadi Burung Biru Lagi? Begini Caranya

Program itu memungkinkan pengguna dapat uang dari iklan yang muncul di kontennya. Beberapa pengguna pun telah ramai membagikan pengalaman mendapatkan “gaji” dari Twitter X lewat program bagi hasil iklan atau Ads Revenue Sharing.

Keramaian tersebut terjadi tak lama setelah terdapat perubahan kebijakan program monetisasi Twitter X via Ads Revenue Sharing. Untuk diketahui, pengguna kini bisa dapat “gaji” lebih mudah dari iklan yang tayang.

Dalam sebuah posting di akun resmi X @Support, mulai 11 Agustus, kreator berpeluang mendapatkan uang dari X dengan mengumpulkan minimal 5 juta tayangan (impression) dari twit yang dibuatnya secara organik dalam 3 bulan terakhir.

Batas minimal jumlah tayangan itu turun drastis dari syarat awal 15 juta impression dalam 3 bulan terakhir. Kemudian, dari sisi pencarian uang juga dipermudah. Dulu, kreator bakal dapat uang dari bagi hasil iklan setelah menghasilkan lebih dari 50 dollar AS (sekitar Rp 765.000).

Aturan tersebut kini direvisi menjadi 10 dollar AS atau sekitar Rp 153.000. Jadi, kreator bisa menerima cuan dari X begitu mencapai batas pembayaran minimum 10 dollar AS.

Dengan aturan baru ini, X mengatakan mengatakan akan semakin banyak kreator konten yang bisa mendapatkan uang dari twit. Bila tertarik untuk mendapatkannya juga, berikut adalah syarat monetisasi Twitter X via Ads Revenue Sharing.

Baca juga: Syarat Dapat Uang dari Twitter X Makin Gampang, Target Jumlah Tayang Kini Lebih Rendah

Syarat monetisasi Twitter X via Ads Revenue Sharing

Supaya bisa mengikuti program monetisasi Ads Revenue Sharing, pengguna harus memenuhi beberapa syarat yang diperlukan. Rincian syarat monetisasi Twitter X via Ads Revenue Sharing adalah sebagai berikut:

  • Memiliki setidaknya 500 pengikut (follower).
  • Berlangganan X Premium (dulu Twitter Blue) atau akun organisasi terverifikasi (verified account).
  • Memiliki setidaknya 5 juta tayangan (impression) twit/postingan dalam 3 bulan terakhir. Kreator memiliki akun Stripe (platform pembayaran digital) untuk proses pembayaran uang dari bagi hasil iklan.
  • Kreator mencapai batas pembayaran minimum 10 dollar AS.

Dikutip dari laman resmi X, selain syarat itu, pengguna juga harus mematuhi "Persyaratan Bagi Hasil Iklan dari X", yang mencakup aturan "Standar Monetisasi Kreator dan Aturan X". Bila melanggar, keikutsertaan dalam program Ads Revenue Sharing bisa dicabut oleh X.

Setelah memahami syarat di atas, lantas bagaimana cara dapat uang dari Twitter X via Ads Revenue Sharing? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara dapat uang dari Twitter X via Ads Revenue Sharing.

Cara dapat uang dari Twitter X via Ads Revenue Sharing

  • Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan Ads Revenue Sharing di akun Twitter X. Caranya, buka menu “Settings and Privacy” di Twitter X. Setelah itu, pilih opsi “Monetization”.
  • Kemudian, aktifkan opsi monetisasi “Ads Revenue Sharing”.
  • Jika akun memenuhi persyaratan, pengguna bisa mulai mengatur akun Stripe untuk sarana pembayaran “gaji” dari bagi hasil iklan Twitter X.
  • Setelah tergabung, pengguna bakal mendapatkan uang secara berkala selama telah menghasilkan lebih dari 10 dollar AS.

Itulah cara dapat uang dari Twitter X via Ads Revenue Sharing yang belakangan lagi ramai dibicarakan pengguna. Sebagai informasi tambahan, Program Ads Revenue Sharing sudah hadir secara global di 115 negara, termasuk Indonesia, pada akhir Juli lalu.

Kreator konten di Indonesia kini berkesempatan pula mendapatkan “gaji” dari bagi hasil iklan Twitter X. Pada tahap awal program Ads Revenue Sharing, bagi hasil iklan yang akan digelontorkan ke kreator sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 74,5 miliar.

Baca juga: Program Bagi Hasil Iklan Twitter Resmi, Kreator Indonesia Bisa Dapat Cuan hingga Ratusan Juta Rupiah

Pendapatan iklan yang dibagikan mulai dari beberapa dollar AS hingga 40.000 dollar AS (Rp 598 jutaan) per akun yang memiliki jutaan pengikut. Seperti yang sempat disebutkan di atas, kreator kini banyak yang sudah mendapatkan uang dari bagi hasil iklan Twitter X.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com