Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Twitter Jack Dorsey Berhenti Main Instagram dan Tutup Akun @jack

Kompas.com - 18/08/2023, 11:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Pendiri dan mantan CEO Twitter, Jack Dorsey, menyatakan berhenti main Instagram. Ia menghapus akun Instagramnya dengan handle @jack. Hal ini diumumkan Dorsey melalui media sosial Nostr.

Dalam postingnya, Dorsey mengatakan bahwa ia menghapus akun Instagram miliknya setelah bertahun-tahun tidak dipakai.

"Saya menghapus akun Instagram saya. Tidak tahu kenapa saya butuh waktu yang lama (untuk menghapusnya)," kata Dorsey di Nostr.

"Saya termasuk salah satu 10 akun pertama di platform, dan salah satu angel investor pertama. Kevin (pendiri Instagram) adalah karyawan magang kami di Odeo," lanjutnya.

Postingan pendiri Twitter, Jack Dorsey di Nostr, mengumumkan dia menghapus akun Instagram TechCrunch Postingan pendiri Twitter, Jack Dorsey di Nostr, mengumumkan dia menghapus akun Instagram

Terlepas dari keputusan tersebut, handle @jack yang selama ini dipakai Dorsey di Instagram menjadi hal lain yang menarik. Disebut menarik karena handle dengan nama depan terbilang unik dan mudah ditemukan.

Selain itu, akun dengan handle tersebut biasanya dijual mahal hingga ribuan dollar Amerika Serikat (AS) oleh pihak ketiga. Oleh karenanya, handle yang dilepas Dorsey ini kemungkinan bakal menjadi rebutan.

Dalam posting yang sama, Dorsey bercerita bahwa ketika Instagram dijual ke Facebook atau kini disebut Meta, dia berhenti memakai aplikasi itu. Adapun Meta mengakuisisi Instagram pada April tahun 2012. Jadi, akun Instagram Dorsey kemungkinan "nganggur" sejak sekitar waktu tersebut.

Dorsey dan pendiri Instagram, Kevin Systorm, memang sudah berteman sejak bekerja bersama di perusahaan bernama Odeo. Pernah suatu masa Twitter mencoba membeli Instagram, tetapi ditolak.

Baca juga: Instagram Punya Stiker Mention Grup, Tag Banyak Orang Lebih Rapi dan Aesthetic

Sejak Dorsey mendengar kabar Instagram dijual ke Facebook, yang merupakan pesaing utama Twitter saat itu, akun Dorsey di Instagram tampak sepi. Postingan terakhirnya tercatat pada tanggal 9 April 2012.

Hal itu dilakukan Dorsey bukan tanpa alasan, ia mengaku sakit hati karena Systorm tak mengabarinya secara langsung, seperti dikutip dalam buku “No Filter: The Inside Story of Instagram”, karya Sarah Frier, dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (18/8/2023)

Kini akun Dorsey tak lagi terlihat di Instagram. Ketika ditelusuri pun, tidak ada akun dengan handle @jack yang muncul di daftar hasil pencarian Instagram.

Bikin media sosial baru

Jack Dorsey kini tak lagi aktif di Twitter. Mikroblog yang ia dirikan itu bahkan sudah dijual ke salah satu orang terkaya dunia, Elon Musk.

Sejak tak lagi berada di Twitter sekitar Mei tahun lalu, Dorsey diketahui fokus mengembangkan Bluesky untuk menyaingi Twitter.

Sama seperti Twitter, Bluesky adalah aplikasi media sosial microblogging (berbagi cerita dengan jumlah karakter terbatas).

Proyek pengembangan Bluesky sudah dimulai sejak 2019. Dulu, proyek Bluesky masih berada di bawah naungan Twitter. Lalu, pada Februari 2022, proyek ini tak lagi di bawah Twitter dan bertransformasi menjadi perusahaan sendiri bernama Bluesky PBLLC.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com