Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Data, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 19/08/2023, 16:02 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Notifikasi pesan masuk dari aplikasi WhatsApp (WA) kadang dapat mengganggu dalam kondisi tertentu, terutama saat pengguna ingin beristirahat sejenak. Supaya tak terganggu, salah satu solusinya adalah menonaktifkan WhatsApp sementara.

Dengan menonaktifkan WhatsApp sementara, pengguna tak akan mendapatkan notifikasi pesan masuk dari aplikasi WhatsApp, yang mungkin cukup mengganggu ketika hendak beristirahat sejenak seperti saat berlibur atau cuti kerja.

Baca juga: Arti “Memanggil” di WhatsApp Saat Telepon dan Bedanya dengan “Berdering”

Untuk menonaktifkan WhatsApp sementara, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya, pengguna bisa mematikan data internet di ponsel secara total. Saat data internet di ponsel dimatikan secara total atau dibuat offline, WhatsApp bakal nonaktif.

Akan tetapi, cara menonaktifkan WA dengan mematikan data secara total itu punya kelemahan, yaitu pengguna akhirnya jadi tidak bisa mengakses aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet juga.

Selain dengan cara tersebut, pengguna sejatinya juga bisa menonaktifkan WA tanpa mematikan data. Dengan cara ini, WhatsApp bisa nonaktif dan pengguna tetap dapat mengakses aplikasi lain di ponsel yang membutuhkan koneksi internet.

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data? Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data itu mudah. Namun, tak semua pengguna mungkin telah mengetahui langkah-langkanya.

Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data. Terdapat beberapa cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data yang bisa dilakukan oleh pengguna.

Pengguna bisa menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan mematikan notifikasi aplikasi, menghapus data aplikasi, serta mematikan data hanya untuk aplikasi WhatsApp. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data.

1. Menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan uninstall aplikasi

Cara menonaktifkan WhatsApp tanpa mematikan data yang pertama adalah dengan uninstall aplikasi. Ketika aplikasi dihapus, akun WA bakal otomatis dinonaktifkan, sehingga pengguna tak akan lagi menerima pesan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk menghapus aplikasi WhatsApp, caranya hampir sama baik di HP Android maupun iPhone. Pengguna tinggal tekan lama logo aplikasi WhatsApp di layar “Home” HP.
  • Setelah itu, pilih opsi “Uninstall” atau “Hapus App”.
  • Jika sudah terhapus, akun WhatsApp akan dinonaktifkan sementara dan pengguna tak akan lagi menerima notifikasi dari aplikasi WhatsApp.

Bila ingin kembali mengakses WhatsApp, pengguna tinggal mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp lagi di HP. Cara ini memiliki risiko berupa riwayat chat bakal ketika pengguna menginstal kembali aplikasi WhatsApp.

Supaya riwayat chat tetap tersedia seperti sebelum aplikasi dihapus, pengguna dapat melakukan pencadangan chat terlebih dahulu melalui layanan Cloud seperti iCloud (untuk iPhone) atau Google Drive (untuk HP Android).

Pencadangan chat dan data lainnya bisa dilakukan dengan mengakses menu pengaturan di aplikasi WhatsApp. Kemudian, pilih opsi “Chat” dan klik opsi “Cadangan Chat”. Kemudian, pilih opsi “Cadangkan Sekarang”.

2. Menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan menghapus data aplikasi

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data yang kedua adalah dengan menghapus data aplikasi. Cara kedua ini bisa dibilang mirip dengan cara yang pertama. Akan tetapi, cara kedua ini tidak menyebabkan aplikasi WhatsApp di HP lenyap.

Hapus data aplikasi hanya menyebabkan data di dalam aplikasi WhatsApp terhapus semua, tetapi aplikasinya masih tersedia di HP. Cara ini membuat aplikasi WhatsApp menjadi seperti aplikasi yang baru diunduh.

Baca juga: Cara Memindahkan WhatsApp dari iPhone ke HP Android, Mudah dan Praktis

Efek dari menghapus data aplikasi WhatsApp sama seperti dengan uninstall WhatsApp, yaitu akun pengguna bakal dinonaktifkan sementara. Ketika dinonaktifkan sementara, pengguna juga tidak akan menerima notifikasi dari WhatsApp.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com