Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Hard Disk Bakal Punah jika SSD Jadi Murah?

Kompas.com - Diperbarui 22/08/2023, 06:03 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Harga media penyimpanan solid state drive (SSD) semakin murah dan kapasitasnya terus meningkat. Masih adakah tempat untuk hard disk yang lamban dan berisik?

Ternyata masih, setidaknya untuk lingkungan datacenter yang membutuhkan media penyimpanan berkapasitas besar dan hingga kini banyak mengandalkan hard disk

Proyeksi terbaru yang dikutip oleh Blocks and Files menyebutkan bahwa angka pengiriman dalam ukuran kapasitas untuk hard disk dan media penyimpanan tape magnetik akan terus tumbuh beriringan dengan SSD hingga 2028.

Baca juga: Murah Tapi Kencang, Ini Rekomendasi SSD yang Sedang Turun Harga

Alasannya tak lain adalah kebutuhan penyimpanan data yang besar. Belakangan, tren media, entertainment, IoT, dan juga AI ikut mendongkrak kebutuhan ini.

Pengiriman hard disk dalam ukuran kapasitas diprediksi terus naik hingga 2028 bersama dengan SSD dan tape storageBlocks and Files Pengiriman hard disk dalam ukuran kapasitas diprediksi terus naik hingga 2028 bersama dengan SSD dan tape storage

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Senin (21/8/2023), angka pengiriman hard disk dalam jumlah unit pun diprediksi terus meningkat mulai tahun ini sampai 2028.

Namun, ada pergeseran dalam hal form factor yang menunjukkan kecenderungan shipment hard disk 2,5 inci cenderung terus menurun, sementara hard disk 3,5 inci naik dari tahun ke tahun.

Prediksi baru ini berlawanan dari laporan sebelumnya dari Blocks and Files yang mengutip VP Customer Enginneering Pure, Shawn Rosemarin.

Baca juga: Hard Disk Bakal Tak Dipakai Lagi pada 2028?

Rosemarin pada Mei lalu mengatakan bahwa hard disk tidak akan dijual lagi pada 2028 karena sudah sepenuhnya tergantikan oleh SSD.

Selain kapasitas yang terus meningkat hingga menyaingi hard disk, prediksi Rosemarin itu didasarkan pada konsumsi daya SSD yang menurut dia jauh lebih rendah sehingga bisa menghemat ongkos listrik, khususnya di lingkungan enterprise.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com