Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja via ChatGPT, Mudah Tinggal Masukkan Perintah

Kompas.com - 22/08/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen yang wajib disertakan pada hampir semua lowongan pekerjaan. Ketika hendak melamar pekerjaan, pengguna atau pelamar perlu membuat surat tersebut.

Mengingat surat lamaran kerja itu penting, artikel ini bakal menjelaskan mengenai cara membuatnya. Terdapat berbagai cara membuat surat lamaran kerja yang dapat dilakukan oleh pengguna.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

Misalnya, pengguna dapat membuat surat lamaran kerja dengan mencari referensi apa saja perlu dicantumkan, lalu menyusunnya sendiri. Kemudian, pengguna juga dapat meniru contoh surat lamaran kerja yang banyak tersedia di internet.

Cara-cara tersebut lazim dilakukan ketika hendak membuat surat lamaran kerja. Selain cara di atas, terdapat lagi satu cara yang bisa dibilang sangat mudah. Adapaun cara itu adalah pengguna dapat memakai ChatGPT.

Sebagaimana cukup umum diketahui, ChatGPT program chatbot Artificial Intelligence (AI) berbasis Language Model yang dirancang untuk dapat menyajikan jawaban atau tanggapan dari beragam pertanyaan dan perintah pengguna.

Kemampuan ChatGPT itu dapat dimanfaatkan pengguna untuk membuat berbagai konten, salah satunya adalah surat lamaran kerja. Lantas, bagaimana cara menggunakan ChatGPT untuk membuat surat lamaran kerja?

Cara menggunakan ChatGPT untuk membuat surat lamaran kerja itu cukup mudah. Pengguna tinggal masukkan perintah ke ChatGPT. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga ChatGPT berhasil membuat surat lamaran kerja yang sesuai perintah pengguna.

Bila tertarik untuk menggunakannya, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat surat lamaran kerja dengan ChatGPT.

Cara membuat surat lamaran kerja dengan ChatGPT

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah pada Chat GPT untuk membuatkan surat lamaran
  • Kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga Chat GPT menyajikan contoh surat lamaran kerja yang dapat dipakai
  • Chat GPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan.
  • Bila kurang puas dengan tanggapan yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lain surat lamaran kerja itu dengan klik opsi “Regenerate response”.

Ilustrasi cara membuat surat lamaran kerja dengan ChatGPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat surat lamaran kerja dengan ChatGPT.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Dilakukan di Chat GPT, Termasuk Menyusun dan Merangkum Teks

Itulah cara membuat surat lamaran kerja dengan Chat GPT, cukup mudah bukan? Perlu diketahui, supaya bisa menghasilkan surat lamaran kerja yang sesuai, pengguna harus memasukkan prompt Chat GPT dengan tepat.

Contoh prompt Chat GPT yang dapat dipakai untuk membuat surat lamaran kerja bisa dilihat lebih lanjut di bawah ini.

Contoh prompt ChatGPT untuk membuat surat lamaran kerja

  • Saya hendak melamar pekerjaan di perusahaan X. Tolong buatkan surat lamaran kerja yang ditujukan untuk perusahaan X dalam bahasa yang formal. Surat lamaran kerja itu harus memuat informasi sebagai berikut:
    • Tanggal pembuatan surat lamaran kerja: 17 Agustus 2045
    • Nama saya sebagai pelamar: EDFG
    • Posisi yang dilamar: XY
    • Pengalaman kerja: ABCD

Demikianlah contoh prompt Chat GPT yang dapat dipakai untuk membuat surat lamaran kerja. Pengguna tak wajib sama persis mengikuti contoh di atas. Pengguna dapat menyesuaikan sendiri kata-kata prompt Chat GPT sesuai kebutuhan.

Yang terpenting, dalam menyusun prompt Chat GPT, pengguna harus dapat memberikan informasi yang spesifik dan detail untuk menjelaskan keinginannya. Dengan kemampuan Chat GPT, pembuatan surat lamaran kerja menjadi lebih mudah.

Penting diingat, meski jadi lebih mudah, ChatGPT masih memiliki potensi untuk menyajikan informasi yang tidak akurat. Oleh karena itu, dalam membuat surat lamaran kerja, pengguna hendaknya tidak mengambil langsung informasi yang disampaikan Chat GPT.

Baca juga: Cara Membuat Outline Skripsi dengan Chat GPT dan Contoh Perintahnya

Informasi yang disajikan Chat GPT sangat disarankan hanya dipakai sebagai contoh atau bahan mentah untuk menyusun sendiri surat lamaran kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com