Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Kamera Mirrorless Full Frame Sony A7C II dan A7CR

Kompas.com - 22/08/2023, 15:45 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Sony disinyalir sedang menyiapkan dua produk kamera mirrorless full frame baru bernama Alpha 7C Mark II dan Alpha 7CR. Belakangan, bocoran gambar keduanya mengemuka dan beredar di internet.

Gambar Sony A7CR hanya berupa badge di bagian depan, tidak menampakkan keseluruhan bodi kamera. Namun, terlihat jelas bahwa namanya memang "A7CR".

Baca juga: Pasar Kamera Mirrorless Pecahkan Rekor

Sementara, rangkaian bocoran gambar Sony A7C II yang muncul lebih dulu terbilang lebih lengkap karena memperlihatkan bodi kamera yang bersangkutan dari segala sisi. Namanya yang tertulis sebagai "A7C II" di sisi atas juga tampak jelas.

Kedua kamera ini ditengarai merupakan penerus dari model kamera sebelumnya, Sony A7C, yang pertama kali diperkenalkan tiga tahun lalu pada 2020.

Bocoran badge kamera mirrorless Sony yang memperlihatkan nama A7CRGizmochina Bocoran badge kamera mirrorless Sony yang memperlihatkan nama A7CR

Desain bodi Sony A7C II dan A7CR pun diyakini mirip, yakni sama-sama bermodel rangefinder ringkas yang menempatkan EVF di sisi kiri serta top plate yang rata, alih-alih serupa DSLR dengan EFV di tengah layaknya mirrorless full frame Sony dari seri A7, A7S, dan A7R.

Berdasarkan rumor yang beredar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Senin (21/8/2023), spesifikasi keduanya juga memiliki sejumlah kesamaan, termasuk slot tunggal untuk kartu memori dan burst rate 10 fps.

Perbedaan mereka diduga terletak antara lain pada sensor yang digunakan, di mana A7CR memiliki sensor dengan resolusi lebih tinggi seperti juga model "R" di jajaran mirrorless Sony A7.

Bocoran gambar kamera mirrorless full frame Sony A7C IIGizmochina Bocoran gambar kamera mirrorless full frame Sony A7C II

Kemudian layarnya disebut berbeda. Sony A7C II bakal memiliki layar sentuh dengan engsel articulated seperti di Sony A7 Mark IV, sementara layar sentuh A7CR dibekali engsel 4-axis seperti di A7R Mark V yang memiliki opsi pengaturan lebih banyak.

Baca juga: Seperti HP, Kamera Mirrorless Sony A6700 Dijual Tanpa Charger

Perbedaan lainnya, Sony A7CR kabarnya akan mendukung video 4K 60p 10-bit 4:2:2, kemungkinan juga 8K. Sementara, Sony A7C II hanya bisa merekam maksimal video 4K 60p.

Soal harganya, Sony A7C II dirumorkan bakal berbanderol sama dengan A7C sebelumnya, yakni di kisaran 1.800 dollar AS (sekitar Rp 27,5 juta). Sedangkan, A7CR lebih mahal di angka 2.200 dollar AS (sekitar 33,6 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com