Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Calon Kamera Mirrorless APS-C Teratas Sony?

Kompas.com - 09/07/2023, 16:07 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hendak membeli kamera mirrrorless APS-C dari Sony? Sebaiknya mungkin tahan dulu niatan itu. Sebab, Sony disinyalir bakal segera merilis a6700, kamera mirrorless APS-C teratasnya yang memuncaki jajaran produk a6000.

Salah satu indikasinya adalah kemunculan rangkaian gambar bocoran kamera tersebut yang diedarkan oleh pembocor Andrea Pizzini dari Sony Alpha Rumors.

Rangkaian gambar dalam video singkat yang diunggah oleh Pizzini ke YouTube memperlihatkan bahwa Sony a6700 memiliki desain bodi yang berbeda dibandingkan kamera-kamera sebelumnya dari seri a6000.

Ini terutama terlihat dari control dial baru yang terletak di handgrip, persis di bawah tombol shutter dan kenop on/off sehingga terkesan lebih profesional.

Baca juga: Sony Alpha 7R V Meluncur, Mirrorless Pertama Sony dengan Kecerdasan Buatan

Sebelumnya, hanya mirrorless full-frame Sony seri A yang memiliki control dial di handgrip, sementara seri a6000 hanya punya dua control dial di sekeliling D-pad dan di samping mode dial.

Dua gambar bocoran Sony a6700 yang memperlihatkan posisi control dial, rombol Record, serta nama model kameraSony Alpha Rumors Dua gambar bocoran Sony a6700 yang memperlihatkan posisi control dial, rombol Record, serta nama model kamera
"Anda juga bisa melihat bahwa tombol 'Rec' (untuk merekam video) sekarang posisinya ada di bagian atas kamera," ujar Pizzini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sony Alpha Rumors, Minggu (9/7/2023).

Posisi tombol Record itu juga berbeda dari kamera-kamera seri a6000 sebelumnya, yang menempatkan tombol tersebut di lokasi canggung di pojok kanan atas thumbgrip.

Gambar bocoran lain memperlihatkan sisi atas dari electronic viewfinder dan nama kamera yang tertera. Di sini tertulis bahwa namanya adalah "a6700". Terlihat juga tekstur permukaan bodi kamera yang disebutkan mirip dengan kamera mirrorless full frame Sony A7C.

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa Sony a6700 akan diluncurkan pada 12 Juli mendatang, meskipun belum ada kepastian dari pihak Sony sendiri.

Baca juga: Masuk Indonesia, Mirrorless Sony a6600 Dijual Rp 21 Juta

Rumor tentang a6700 sebenarnya bukan hal baru karena sudah mulai mengemuka semenjak beberapa tahun lalu. Kamera yang lama dinanti oleh para pengguna Sony ini disinyalir bakal menjadi penerus dari flagship APS-C sebelumnya, a6600, yang dirilis empat tahun lalu pada 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com