Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa WhatsApp Sedang dalam Panggilan Lain padahal Tidak Telepon? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 22/08/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna bisa mengetahui orang lain sedang telepon atau tidak di aplikasi pesan instan WhatsApp (WA). Jika memungkinkan, lalu apa tanda WhatsApp sedang dalam panggilan lain? Ada beberapa ciri WA sedang dalam panggilan lain.

Ciri-ciri WA sedang dalam panggilan lain adalah muncul status “Calling” atau “Memanggil” pada kontak yang hendak ditelepon. Status “Calling” bakal muncul di layar WhatsApp penelepon saat kontak yang dihubungi sedang berada di panggilan lain.

Baca juga: Ciri-ciri WhatsApp Sedang dalam Panggilan Lain yang Perlu Diketahui

Contoh status “Calling” yang menandakan kontak lain sedang berada di panggilan lain bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi ciri-ciri WhatsApp sedang dalam panggilan lain yang ditandai dengan munculnya status Calling dan kondisi pengguna lain yang ditelepon online. KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi ciri-ciri WhatsApp sedang dalam panggilan lain yang ditandai dengan munculnya status Calling dan kondisi pengguna lain yang ditelepon online.

Perlu diketahui, status “Calling” tersebut tidak berdiri sendiri untuk menandakan WA sedang dalam panggilan lain. Status “Calling” seperti gambar di atas bisa menjadi ciri-ciri WA sedang dalam panggilan lain apabila terdapat tanda lain yang mengikuti.

Adapun tanda lain itu adalah WhatsApp kontak lain yang hendak dihubungi harus dalam kondisi online. Maksud dari kondisi online tersebut yaitu ponsel milik kontak lain tidak mati dan aplikasi WhatsApp terhubung dengan jaringan internet.

Jika muncul status “Calling” dan WhatsApp kontak lain online maka kontak tersebut kemungkinan besar berada dalam panggilan lain.

Akan tetapi, pengguna mungkin bakal menjumpai WhatsApp sedang dalam panggilan lain yang ditandai dengan munculnya status “Calling”, padahal orang lain yang dihubungi tidak tengah telepon.

Lantas, kenapa WhatsApp sedang dalam panggilan lain padahal tidak telepon? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab WhatsApp sedang dalam panggilan lain padahal tidak telepon.

Penyebab WhatsApp sedang dalam panggilan lain padahal tidak telepon

Status “Calling” yang jadi tanda WA sedang dalam panggilan lain sejatinya punya makna lain. Status “Calling” bisa berarti WA sedang dalam panggilan lain jika akun WhatsApp dari kontak lain yang dihubungi itu online atau terhubung dengan jaringan internet.

Baca juga: 2 Cara Mengganti Akun WhatsApp dengan Cepat dan Mudah

Kemudian, status “Calling” di WA juga bisa berarti panggilan pengguna tidak masuk ke kontak lain. Pada kondisi ini, arti “Calling” di WA adalah status yang menunjukkan bahwa pengguna atau orang yang ditelepon tidak terhubung dengan koneksi internet alias offline.

Jadi, apabila pengguna menghubungi kontak lain dan muncul status “Calling” di WA, bisa jadi kontak tersebut tidak sedang telepon. Kontak yang ditelepon pengguna di WA itu bisa sedang dalam kondisi offline, sehingga muncul status “Calling” ketika dihubungi.

Kontak lain bisa tampak sedang dalam panggilan lain karena ketika dihubungi di WA muncul status “Calling”, padahal yang bersangkutan tidak telepon akibat sedang dalam kondisi offline.

Kondisi offline yang membuat WA tampak sedang dalam panggilan lain padahal tidak telepon itu bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, HP milik kontak yang hendak dihubungi kehabisan baterai dan mati, sehingga tidak tersambung koneksi internet.

Kemudian, penyebab WhatsApp sedang dalam panggilan padahal tidak telepon bisa juga dikarenakan kontak yang hendak dihubungi sedang berada di area yang tidak terjangkau koneksi internet.

Penyebab WhatsApp sedang dalam panggilan padahal tidak telepon yang berikutnya juga bisa dikarenakan kontak yang hendak dihubungi sudah tidak lagi memakai WhatsApp atau aplikasi WhatsApp-nya sudah dihapus.

Ketika aplikasi WhatsApp dihapus, akun kontak yang hendak dihubungi bakal dinonaktifkan dan offline, sehingga ketika ditelepon muncul status “Calling” yang membuatnya tambah sedang dalam panggilan lain.

Baca juga: 10 Ciri WhatsApp Disadap, Perhatikan untuk Menjaga Akun Tetap Aman

Itulah beberapa penyebab WhatsApp sedang dalam panggilan lain padahal tidak telepon, yang secara umum dikarenakan kontak tengah dalam kondisi offline, sehingga muncul status “Calling” ketika dihubungi, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com