Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Main "Metal Slug Awakening", Ada Mode Multiplayer di Level 12

Kompas.com - 24/08/2023, 14:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengembang dan penerbit game asal Vietnam, VNG Game Studios resmi meluncurkan game "Metal Slug Awakening" untuk perangkat iOS dan Android pada Selasa (22/8/2023).

Game ini dapat dinikmati secara gratis (free-to-play), tetapi pemain bisa membeli item tertentu di dalam game (microtransactions).

Seperti namanya, "Metal Slug Awakening" mengadaptasi waralaba (franchise) legendaris di konsol PlayStation 1 (PS1), yaitu "Metal Slug".

Permainan ini mengusung mekanisme gameplay "run n gun", yang mana pemain bakal terus bergerak dan menembaki musuh. KompasTekno merangkum panduan singkat bagi Anda yang ingin main "Metal Slug Awakening".

Panduan singkat main "Metal Slug Awakening"

Apabila ingin bermain "Metal Slug Awakening", pengguna bisa mengunduh game tersebut terlebih dahulu di Android lewat tautan berikut ini, dan di iOS lewat tautan ini. Ukuran file di Android adalah 2 GB, sedangkan di iOS lebih besar, yaitu 3 GB.

Perlu dicatat bahwa pengguna perlu menyiapkan spesifikasi yang mumpuni, misalnya RAM 3 GB untuk HP Android, dan versi iOS 10 ke atas untuk iPhone.

Selengkapnya, simak spesifikasi main "Metal Slug Awakening" lewat artikel "Spek HP untuk Main 'Metal Slug Awakening' di iOS dan Android".

Setelah proses download selesain, langkah berikutnya adalah membuka game itu. Pengguna mesti memiliki koneksi internet untuk bisa memainkan "Metal Slug Awakening".

Gamer dapat melakukan proses login secara instan, dengan menggunakan akun Facebook atau Google. Berikutnya, baca ketentuan privasi game tersebut kemudian ketuk konfirmasi bahwa pengguna sudah membaca ketentuan itu.

Cara login di Metal Slug AwakeningKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara login di Metal Slug Awakening
Server akan dipilih secara otomatis, tetapi pengguna bisa menggantinya dengan mengetuk tombol dua garis di sebelah kanan rincian server. Karena berada di Indonesia, pengguna bermain di server Asia Tenggara (SEA).

Pemain bisa memilih server wilayah lain asalkan server tersebut masih memiliki kuota yang cukup. Namun, perlu diingat, semakin jauh wilayah server yang dipilih maka dibutuhkan koneksi internet yang lebih baik.

Baca juga: Overwatch 2 Jadi Game Terburuk di Steam, Blizzard Angkat Bicara

Pilihan server di Metal Slug AwakeningKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Pilihan server di Metal Slug Awakening

Perlu diketahui bahwa pemain tidak bisa menikmati mode multiplayer dalam game ini bersama gamers dari wilayah (region) yang berbeda.

Setelah proses registrasi selesai, langkah berikutnya adalah menekan tombol "Tap to Start" untuk memulai permainan.

Dimulai dari tutorial

Pada awal permainan, pengguna langsung disuguhkan tutorial lewat mode "World Adventure". Mode cerita singleplayer ini terbagi menjadi beberapa misi yang diakhiri dengan bertempur melawan boss.

Misi awal ini digunakan sebagai tutorial. Tutorial ini tidak bisa di-skip, dan harus dimainkan untuk membuka mode lain dan lobi multiplayer.

Dalam tutorial ini, pengguna bisa memilih apakah ingin menggunakan mode kontrol "Auto Aim" atau "Manual Aim".

Pengguna akan memilih mode kontrol saat memulai Metal Slug AwakeningKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Pengguna akan memilih mode kontrol saat memulai Metal Slug Awakening
"Auto Aim" memungkinkan pengguna untuk menembak ke arah musuh secara otomatis, sedangkan "Manual Aim" memberikan pengalaman yang lebih menantang karena pemain harus mengincar musuh secara manual. Mode kontrol ini bisa diubah lagi lewat pengaturan.

Adapun layout kontrol ini dibagi menjadi dua. Pada bagian kiri, terdapat tombol analog untuk berjalan ke depan, ke belakang, dan berjongkok.

Layout kontrol Metal Slug AwakeningKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Layout kontrol Metal Slug Awakening
Sementara itu pada bagian kanan, terdapat tombol untuk menembak. Pengguna bisa menarik tombol ini untuk melakukan aim secara manual.

Tombol-tombol lainnya mencakup tombol lompat (ketuk dua kali untuk double jump), tombol skill, ultimate, item, dan tombol mengganti karakter.

Nah, di game "Metal Slug Awakening" ini, pemain bisa menyalakan "ulti" melalui tombol yang tersedia. Nantinya, karakter akan mendapatkan kekuatan, kecepatan, serta damage yang lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com