Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp iPhone Sudah Bisa Kirim Foto HD, Begini Caranya

Kompas.com - 24/08/2023, 14:34 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dengan kualitas tinggi atau High Definition (HD). Fitur kirim foto HD WhatsApp itu mulai digelontorkan sejak sekitar 17 Agustus kemarin.

Akan tetapi, saat awal rilis, fitur kirim foto HD baru digelontorkan untuk WhatsApp Android saja. Kini, kabar baiknya adalah pengguna iPhone sudah bisa juga untuk mengirim foto dengan kualitas HD di WhatsApp.

Baca juga: 4 Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru dengan Nomor yang Sama

Sama seperti pada WhatsApp Android, fitur kirim foto HD itu bakal muncul pula di halaman preview ketika hendak mengirim foto ke ruang obrolan WhatsApp iPhone.

Pada halaman preview pengiriman foto di WhatsApp iPhone. saat ini terdapat tombol baru bertajuk “HD” untuk mengakses fitur kirim foto HD. Lewat tombol tersebut, pengguna dapat mengatur kualitas foto yang hendak dikirim.

Untuk diketahui, sebelum hadirnya fitur kirim foto HD ini, pengguna tak dapat mengatur kualitas foto yang hendak dikirim ke ruang obrolan WhatsApp, sehingga kadang dijumpai masalah seperti foto yang terkirim menjadi sedikit pecah.

Fitur kirim foto HD memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dengan kualitas yang tinggi dan lebih jernih. Alhasil, pengguna dapat mengatasi masalah foto buram atau kurang jelas saat dikirim di WhatsApp.

Fitur kirim foto HD WhatsApp dapat mendeteksi kualitas foto yang hendak dikirim oleh pengguna. Jika pengguna mengirim foto berkualitas tinggi, tombol HD bakal muncul di halaman preview pengiriman foto WhatsApp.

Selanjutnya, saat tombol HD di WhatsApp di klik, pengguna dapat memilih foto tersebut dikirim dengan kualitas standar atau kualitas tinggi. Bila dikirim dengan kualitas tinggi, foto bakal ditandai dengan logo HD di ruang obrolan WhatsApp.

Baca juga: 5 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Data, Mudah dan Praktis

Cara kirim foto HD WhatsApp di iPhone

Lantas, bagaimana cara kirim foto HD WhatsApp di iPhone? Cara kirim foto HD WHatsApp di iPhone itu cukup mudah dan sama saja seperti di HP Android. Jika tertarik untuk mencobanya, berikut adalah cara kirim foto HD WhatsApp di iPhone:

  • Siapkan foto berkualitas tinggi untuk dikirim di ruang obrolan WhatsApp. Foto bisa bersumber dari galeri ponsel atau diambil langsung melalui kamera WhatsApp.
  • Setelah foto terunggah di halaman preview pengiriman foto WhatsApp, silakan ketuk tombol HD yang tersedia.
  • Pilih opsi “Kualitas HD” dan kirim foto.
  • Foto tersebut bakal dikirim dengan kualitas tinggi, yang ditandai dengan munculnya logo HD di ruang obrolan tempat foto terkirim.

Ilustrasi cara kirim foto HD WhatsApp di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara kirim foto HD WhatsApp di iPhone.

Ketersediaan fitur kirim foto HD WhatsApp di iPhone

Itulah penjelasan mengenai cara kirim foto HD WhatsApp di iPhone, cukup mudah bukan? Berdasarkan percobaan yang dilakukan KompasTekno, fitur kirim foto HD tersebut telah tersedia pada aplikasi WhatsApp iPhone versi 23.16.78.

Bila belum mendapatkan fitur ini di aplikasi WhatsApp iPhone, harap bersabar karena kemungkinan masih digelontorkan secara bertahap. Pengguna juga bisa selalu memeriksa pembaruan aplikasi WhatsApp di App Store, toko aplikasi iPhone.

Baca juga: 10 Ciri WhatsApp Disadap, Perhatikan untuk Menjaga Akun Tetap Aman

Jika terdapat pembaruan, silakan perbarui aplikasi WhatsApp iPhone dan cek kembali apakah sudah bisa mengakses fitur kirim foto HD atau belum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com