Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno 10 Bisa Jadi Remot TV dan AC, Ini Caranya

Kompas.com - 24/08/2023, 17:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno 10 merupakan salah satu smartphone terbaru Oppo di Indonesia yang dibekali segudang fitur. Salah satu fitur yang bisa dibilang cukup menarik adalah IR Remote.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengubah fungsi ponsel menjadi remot kontrol beberapa perangkat elektronik di rumah seperti TV, AC, kipas angin, DVD player, dan sejenisnya.

Fitur ini sejatinya akan mengandalkan sensor infra merah (IR) yang terletak di bagian bingkai atas Oppo Reno 10, tepat di sebelah kiri lubang mikrofon.

Secara teknis, sensor ini akan mengirimkan perintah ke penerima sensor infra merah yang ada di berbagai barang elektronik.

Baca juga: 5 Perbedaan Oppo Reno 10 Pro dan Reno 8 Pro, Harga Selisih Rp 2 Juta

Dengan begitu, aneka perangkat elektronik tersebut bisa dikontrol dengan mudah dari HP Oppo Reno 10, tanpa harus menggunakan remot kontrol bawaannya.

Lantas, bagaimana cara menyulap Oppo Reno 10 menjadi remot kontrol berbagai perangkat elektronik di rumah seperti TV dan AC?

Cara bikin Oppo Reno 10 jadi remot TV dan AC

Cara sulap Oppo Reno 10 jadi remot TV dan AC.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara sulap Oppo Reno 10 jadi remot TV dan AC.

  • Pertama-tama, cari dan buka aplikasi "IR Remote". 
  • Lalu, klik ikon "+" yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi. 
  • Kemudian, pilih jenis barang elektronik apa yang ingin dikendalikan, misalnya TV. 
  • Selanjutnya, pilih merek perangkat elektronik yang ingin dikendalikan, misalnya Oppo. 
  • Setelah itu, pengguna akan dibimbing dengan berbagai perintah di dalam layar. Ikuti perintah-perintah tersebut supaya Oppo Reno 10 bisa membaca fungsi remot kontrol dari barang elektronik yang ingin dikendalikan.
  • Jika sudah, lakukan tes fungsi tombol remot kontrol yang tampil di layar. Jika layar menampilkan tombol fungsi daya, misalnya, perhatikan apakah barang elektronik yang ingin dikendalikan mati atau tidak setelah kita menekan tombol tersebut. 
  • Apabila semuanya sudah berfungsi dengan normal, klik tombol "Save" untuk menyimpan fungsi remot kontrol perangkat elektronik yang sudah diatur.

Cara sulap Oppo Reno 10 jadi remot TV dan AC.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara sulap Oppo Reno 10 jadi remot TV dan AC.

Nah, jika fungsi remot kontrol untuk TV, AC, dan aneka barang elektronik lainnya sudah diatur, pengguna hanya perlu membuka aplikasi IR Remote dan mengeklik barang elektronik miliknya yang sudah disimpan oleh aplikasi ini.

Perlu dicatat, pastikan sensor infra merah yang tersemat di ponsel Oppo Reno 10 pengguna diarahkan tepat ke penerima sensor infra merah yang ada di barang elektronik yang hendak dikendalikan.

Baca juga: Harga Oppo Reno 10 dan Spesifikasinya di Indonesia

Hal ini perlu diperhatikan ketika pengguna melakukan pengaturan fungsi remot kontrol untuk pertama kalinya, atau hendak menggunakan Oppo Reno 10 sebagai remot kontrol dari barang elektronik yang sudah disimpan.

Pasalnya, fitur dan aplikasi IR Remote hanya akan berfungsi apabila sensor tersebut diarahkan dengan tepat ke penerima sensor di barang elektronik lain. Artinya, pengguna tak akan bisa mengontrol perangkat elektronik mereka apabila tak mengarahkan sensor IR di Oppo Reno 10 dengan tepat.

Tertarik menjajal fungsi IR Remote di Oppo Reno 10? Pengguna saat ini sudah bisa membeli ponsel tersebut di berbagai toko resmi Oppo dan rekanannya dengan harga Rp 6 juta (8 GB/256 GB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com