Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda PlayStation Portal dari Konsol Genggam Lain, Termasuk Tak Bisa Install Game

Kompas.com - 25/08/2023, 16:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony resmi mengumumkan kehadiran perangkat game portabel terbaru mereka yakni PlayStation Portal, pada Rabu (23/8/2023). Perangkat genggam (handheld) tersebut akan meluncur tahun ini.

Berbeda dengan perangkat game handheld biasa, PlayStation Portal dibuat khusus untuk bermain game PlayStation 5 (PS5) secara streaming. Dengan kata lain, pengguna membutuhkan koneksi internet untuk bermain game di perangkat handheld ini.

Termasuk fungsi dasar tersebut, masih banyak aspek yang membedakan antara PlayStation Portal dan konsol handheld lainnya. Berikut ini penjelasannya.

Beda desain

Ilustrasi menggenggam PlayStation PortalYouTube/IGN Ilustrasi menggenggam PlayStation Portal

PlayStation Portal dirancang dengan desain yang berbeda dibandingkan konsol handheld lainnya. Perangkat tersebut terlihat seperti tablet yang dipasangi controller PS5, dengan bentuk yang lebih bongsor.

Baca juga: Sony Umumkan PlayStation Portal, Perangkat Genggam untuk Streaming Game PS5

Tablet tersebut mengusung layar LCD seluas 8 inci, yang mampu menampilkan gambar beresolusi 1.080 piksel dengan frame rate 60 FPS. Ukuran layar ini lebih besar dari Steam Deck (7 inci), Nintendo Switch (6,2 inci), dan Asus ROG Ally (7 inci).

Tablet juga didukung oleh touchpad virtual yang bisa dimunculkan dengan mengetuk sudut bawah layar.

Beralih ke gamepad, tablet ini dibekali stik PS5 yang tidak menempel sepenuhnya dengan tablet. Bagian bawah gamepad tersebut tampak terpisah dengan tablet, berbeda dengan konsol handheld lainnya yang cenderung menempel.

Controller PS Portal mendukung efek getaran haptic feedback dan adaptive triggers, sehingga memberikan efek feedback saat memakai senjata di game. Hanya Nintendo Switch saja yang memiliki fitur serupa, tetapi dengan nama "HD Rumble".

Gamepad perangkat ini mencakup tombol operasi segitiga, kotak, bulat, dan silang ala PlayStation, dua buah tombol analog, serta tombol navigasi arah (D-pad). Ada pula tombol R1-R2 dan L1-L2 di atas controller.

Berbeda dengan konsol handheld lainnya, PlayStation Portal tidak dibekali dengan koneksi Bluetooth, sehingga pengguna tidak dapat menggunakan headphone nirkabel (wireless) biasa atau perangkat sejenisnya.

Baca juga: Qualcomm Umumkan Snapdragon G, Chipset Khusus Konsol Game Handheld

Meskipun begitu, gawai ini masih memiliki jack audio 3,5 mm. Tak hanya itu, PlayStation Portal juga dilengkapi PlayStation Link, yakni teknologi wireless yang dirancang untuk memberi latensi yang rendah dan lossless audio.

Bukan konsol dedicated

Perbandingan ukuran bodi PlayStation Portal (kanan) dan controller DualSense (kiri)YouTube/IGN Perbandingan ukuran bodi PlayStation Portal (kanan) dan controller DualSense (kiri)

Konsol handheld seperti Nintendo Switch dan Steam Deck sejatinya digunakan untuk memainkan game yang ter-install di perangkat itu.

Sementara itu, PlayStation Portal digunakan untuk bermain game PS5 secara streaming, dan pengguna pun wajib mempunyai konsol PS5 untuk mulai bermain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com