Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar dan Hal yang Perlu Disiapkan

Kompas.com - 26/08/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan komputer yang kiranya wajib diketahui oleh pengguna. Salah satunya adalah mengetahui cara menghidupkan komputer. Pengetahuan atas cara menyalakan komputer itu mungkin terdengar sederhana.

Namun, tak semua pengguna telah memahami langkah menghidupkan komputer dengan baik dan benar. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan cara menghidupkan komputer yang baik dan benar dalam beberapa langkah atau tahapan.

Baca juga: 20 Contoh Perangkat Keras Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Fungsinya

Cara menghidupkan komputer dengan benar

Komputer sejatinya perlu dihidupkan atau dinyalakan dengan benar untuk menghindari kerusakan. Kesalahan dalam menghidupkan komputer bisa mempengaruhi kinerjanya. Komputer bisa saja tak nyala sama sekali jika salah langkah dalam menghidupkannya.

Mengingat terdapat dampak yang cukup penting, pengguna perlu mengetahui cara menghidupkan komputer dengan benar. Lantas, bagaimana cara menghidupkan komputer dengan baik dan benar?

Cara menghidupkan komputer dengan baik dan benar itu cukup mudah. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu untuk menunjang komputer agar aktif dan dapat dipakai.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan mengenai langkah menghidupkan komputer yang baik dan benar di bawah ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Computer Hope.

Hal yang perlu disiapkan sebelum menghidupkan komputer

Sebelum menghidupkan komputer, mulailah dengan memastikan semua perangkat keras yang dibutuhkan telah terhubung secara tepat. Memastikan sambungan perangkat keras itu antara lain meliputi:

  • Pastikan monitor atau layar telah terhubung dengan CPU komputer.
  • Pastikan keyboard dan mouse telah terhubung dengan CPU komputer.
  • Bila menggunakan speaker, pastikan pula speaker telah terhubung dengan CPU komputer.
  • Bila menggunakan webcam, pastikan juga webcam telah terhubung dengan CPU komputer.
  • Bila memakai stabilizer, pastikan perangkat untuk menstabilkan tegangan listrik itu telah terhubung juga dengan komputer.
  • Terakhir, jangan lupa untuk memastikan komputer telah tersambung dengan sumber listrik.

Baca juga: Hal yang Diperlukan agar Perangkat Keras Komputer Dapat Berfungsi, Catat

Mulai menghidupkan komputer

Setelah semua perangkat keras tersambung dengan baik dan benar, silakan untuk menghidupkan komputer. Adapun langkah menghidupkan komputer setelah semua perangkat keras tersambung adalah sebagai berikut:

  1. Setelah semua perangkat keras tersambung secara tepat, silakan untuk menghidupkan stabilizer bila menggunakannya.
  2. Kemudian, langkah awal menghidupkan komputer adalah menekan tombol power yang terletak pada CPU. Letak tombol power bisa berbeda-beda di tiap komputer. Di kebanyakan komputer, tombol power biasanya terletak di bagian depan perangkat CPU.
  3. Berikutnya, tekan tombol power pada monitor untuk menyalakan tampilan.
  4. Setelah CPU dan monitor nyala, proses booting bakal dimulai. Pada proses ini, komputer bakal memuat sistem operasi yang digunakan. Lama proses booting bisa berbeda-beda di tiap komputer bergantung hardware yang dipakai.
  5. Tunggu hingga proses booting selesai. Setelah proses booting selesai, sistem operasi akan termuat. Pengguna bisa memasukkan password komputer dulu jika tersedia sebelumnya atau bisa juga langsung masuk ke layar “Home” komputer.
  6. Jika sudah berhasil masuk ke layar “Home” maka komputer sudah bisa dipakai.

Itulah penjelasan mengenai cara menghidupkan komputer dengan benar dan hal yang perlu disiapkan sebelum memulainya. Meski terdengar sederhana, menghidupkan komputer merupakan langkah penting yang perlu diketahui.

Langkah menghidupkan komputer tersebut harus dilakukan secara tepat. Dengan mengikuti langkah menghidupkan komputer di atas, pengguna dapat terhindar dari gangguan teknis ketika hendak memakai komputer untuk bekerja.

Sebagai informasi tambahan, untuk menjaga komputer dari kerusakan dan dapat berfungsi secara optimal, selain menghidupkan komputer dengan benar, pengguna juga perlu mematikan komputer dengan benar.

Kesalahan dalam mematikan komputer juga dapat mempengaruhi fungsi komputer. Pengguna mungkin jadi tidak bisa menghidupkan komputer jika terdapat kesalahan dalam mematikannya. Oleh karena itu, cara mematikan komputer dengan benar juga perlu diketahui.

Cara mematikan komputer dengan benar

Mematikan komputer dalam bahasa teknis disebut juga dengan Shut Down. Tindakan Shut Down biasa dilakukan ketika pengguna sudah selesai memakai komputer dalam waktu tertentu. Untuk mematikan komputer atau Shut Down, langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Perlu diketahui, tindakan Shut Down memiliki dampak berupa menutup semua aplikasi dan menghentikan pemrosesan secara penuh pada semua perangkat keras komputer, termasuk Hard Drive, RAM, monitor, dan lainnya.
  • Oleh karena itu, sebelum mematikan komputer, pastikan telah menyimpan semua data atau pekerjaan yang dibuka pada aplikasi.
  • Jika data telah tersimpan, pengguna bisa mulai mematikan komputer. Langkah Shut Down di tiap komputer bisa berbeda-beda.
  • Bila menggunakan komputer Windows, pengguna bisa klik ikon “Windows”. Lalu, klik opsi “Power” dan pilih “Shut Down”.
  • Bila menggunakan komputer MacOS, pengguna bisa klik ikon “Apple” dan pilih opsi “Shut Down”.
  • Setelah klik opsi “Shut Down”, tunggu beberapa saat hingga monitor mati dan CPU komputer berhenti memproses.
  • Kini, komputer berhasil dimatikan dengan benar.

Baca juga: Pengertian Perangkat Keras Komputer, Lengkap dengan Jenis, Contoh, dan Fungsinya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com