Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Algoritma: Pengertian dan Sejarah Penemuannya

Kompas.com - 27/08/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Istilah algoritma mungkin sudah tak asing dalam bidang matematika, pemograman dan ilmu komputer. Namun sebenarnya jika dikaitkan dengan kegiatan sehari-hari, kita telah mengaplikasikan algoritma dalam setiap aspek aktivitas harian. 

Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang sistematis dan terdefinisi dengan jelas yang digunakan untuk menyelesaikan suatu tindakan/tugas. Misalnya saja contoh pada aktivitas pengguna ingin mengirim pesan WhatsApp.

Saat akan mengirim pesan lewat WA, langkah pertama Anda akan membuka HP, kemudian membuka aplikasi WhatsApp, pilih kontak yang ingin Anda hubungi, kemudian mengetik pesan yang ingin dikirim, sampai dengan menekan tombol kirim hingga pesan diterima oleh penerima.

Dalam dunia ilmu komputer dan matematika, peran algoritma ini sangat penting dalam memecahkan masalah. Namun tahukah Anda istilah algoritma sendiri sudah muncul sejak abad ke-9. Untuk mengulas lebih lanjut mengenai algoritma, berikut ini uraian pengertian dan sejarah ringkasnya.

Baca juga: Pengertian Sorting Algoritma dan Tekniknya dalam Pemrograman

Pengertian algoritma

Dilansir dari Simpli Learn, algoritma adalah sekumpulan perintah yang harus diikuti komputer untuk melakukan perhitungan atau operasi pemecahan masalah lain. Arti lain algoritma adalah sekumpulan instruksi terbatas yang dilakukan dalam urutan tertentu untuk melakukan tugas. 

Bagaimana cara algoritma beroperasi?

Algoritma adalah suatu prosedur langkah demi langkah yang diciptakan untuk menyelesaikan masalah tertentu, serta menjalankan tugas dengan efisien dalam bidang ilmu komputer dan matematika.

Serangkaian instruksi yang terstruktur ini merupakan dasar dari teknologi modern dan mengatur berbagai hal mulai dari pencarian web hingga kecerdasan buatan. Berikut adalah cara kerja algoritma:

Input

Algoritma mengambil data masukan, yang bisa berupa berbagai format seperti angka, teks, atau gambar.

Proses
Algoritma memproses data masukan melalui serangkaian operasi logis dan matematis, mengubah dan memanipulasi data tersebut sesuai kebutuhan.

Output
Setelah pemrosesan selesai, algoritma menghasilkan output, yang bisa berupa hasil dari perhitungan, keputusan, atau informasi yang signifikan.

Efisiensi
Salah satu aspek utama dalam pembuatan algoritma adalah efisiensinya, yang bertujuan untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan dengan menggunakan sumber daya sesedikit mungkin.

Optimisasi
Perancang algoritma terus mencari cara untuk mengoptimalkan algoritma mereka, sehingga algoritma menjadi lebih cepat dan lebih dapat diandalkan.

Implementasi
Algoritma diimplementasikan dalam berbagai bahasa pemrograman, memungkinkan komputer untuk menjalankannya dan menghasilkan hasil sesuai yang diharapkan.

Baca juga: Pengertian Algoritma Pencarian dan Jenis-jenisnya

Sejarah algoritma

Al-Khwarizmi penemu algoritmaResearchGate Al-Khwarizmi penemu algoritma

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com