Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fungsi dan Penggunaan Algoritma dalam Berbagai Bidang

Kompas.com - 27/08/2023, 17:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Algoritma merupakan prosedur atau langkah-langkah terstruktur yang digunakan untuk menyelesaikan masalah atau tugas tertentu. Algoritma memiliki peran penting dalam menyelesaikan masalah di sistem komputasi atau matematika.

Penggunaan algoritma juga di berbagai bidang, termasuk ilmu komputer, matematika, ilmu data, kecerdasan buatan, pemrograman, dan banyak lagi.  Selain itu algoritma memiliki peran dasar dari pengembangan perangkat lunak, analisis data, dan pemecahan masalah dalam dunia komputer dan ilmu pengetahuan secara umum.

Melihat perannya dalam memecahkan masalah di bidang pemrograman, berikut ini beberapa fungsi lain dari algoritma yang perlu diketahui.

Baca juga: Pengertian Algoritma Pencarian dan Jenis-jenisnya

Fungsi algoritma

Dalam hal pemrograman, algoritma pemrograman membantu tim programmer untuk memecahkan masalah. Selain itu, beberapa fungsi lain dari algoritma adalah sebagai berikut:

Pemecahan masalah

Algoritma digunakan untuk merancang langkah-langkah sistematis yang membantu dalam memecahkan berbagai masalah kompleks. Misalnya, dalam ilmu komputer, algoritma digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak yang dapat menyelesaikan tugas tertentu.

Optimasi

Teknik ini juga digunakan untuk mencari solusi terbaik atau optimal dalam berbagai situasi. Contohnya adalah algoritma pencarian yang digunakan untuk menemukan rute terpendek antara dua lokasi dalam aplikasi peta atau algoritma optimasi yang digunakan dalam manajemen rantai pasokan untuk mengurangi biaya transportasi.

Pengolahan data

Dalam ilmu data, algoritma digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasikan data. Algoritma pengurutan dan pencarian merupakan contoh umum dari algoritma pengolahan data.

Analisis kinerja

Algoritma berguna untuk menganalisis kinerja sistem atau proses. Salah satu contoh penggunaannya bisa dilihat dalam analisis kinerja termasuk algoritma antrian untuk memahami waktu tunggu dalam sistem layanan.

Pemrograman komputer

Algoritma berfungsi untuk merancang logika operasi program. Program komputer adalah implementasi dari algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Penggunaan algoritma dalam berbagai bidang

Dilansir dari laman geeks for geeks, algoritma memainkan peran penting dalam berbagai bidang dan memiliki banyak aplikasi. Beberapa bidang utama di mana algoritma digunakan meliputi:

Ilmu Komputer

Algoritma membentuk dasar pemrograman komputer dan digunakan untuk memecahkan masalah mulai dari penyortiran dan pencarian sederhana hingga tugas-tugas kompleks seperti Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning.

Matematika

Dalam matematika algoritma digunakan untuk memecahkan masalah, seperti mencari solusi optimal sistem persamaan linier atau mencari jalur terpendek dalam suatu grafik.

Riset Operasi

Algoritma juga digunakan untuk mengoptimalkan dan membuat keputusan di berbagai bidang seperti transportasi, logistik, dan alokasi sumber daya.

Artificial Intelligence (AI)

Algoritma adalah dasar dari kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, dan digunakan untuk mengembangkan sistem cerdas yang dapat melakukan tugas-tugas seperti pengenalan gambar, pemrosesan bahasa alami, dan pengambilan keputusan.

Ilmu Data

Dalam ilmu data algoritma digunakan untuk menganalisis, memproses, dan mengekstrak wawasan dari sejumlah data besar di bidang-bidang seperti pemasaran, keuangan, dan perawatan kesehatan.

Baca juga: Elon Musk Debat dengan Jack Dorsey soal Algoritma Twitter

Demikian ulasan fungsi dan penggunaan algoritma dalam berbagai bidang. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com