Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Perkenalkan Smart Tank 580, Printer yang Bisa Dikendalikan dari Jauh dengan Smartphone

Kompas.com - 31/08/2023, 17:54 WIB
Oik Yusuf,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan komputer HP memperkenalkan jajaran printer Smart Tank terbaru yang menggunakan sistem tanki tinta (ink tank). Model andalannya adalah Smart Tank 580 yang dibekali konektivitas wireless via WiFi.

Printer ini terhubung ke internet lewat WiFi, sehingga, bisa dikendalikan dari jauh lewat aplikasi HP Smart App di ponsel. Lewat aplikasi ini, pengguna juga bisa melakukan pencetakan secara remote

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Printer Baru

Print Category Lead HP Indonesia Aditya Suryadinaga saat memperkenalkan Smart Tank 580 dalam acara yang digelar HP di Jakarta, Kamis (31/8/2023).KOMPAS.com/ OIK YUSUF Print Category Lead HP Indonesia Aditya Suryadinaga saat memperkenalkan Smart Tank 580 dalam acara yang digelar HP di Jakarta, Kamis (31/8/2023).
"Aplikasi HP Smart App sekaligus mempermudah proses pemasangan printer sehingga tidak memakan waktu lama," ujar Print Category Lead HP Indonesia Aditya Suryadinaga saat memperkenalkan Smart Tank 580 dalam acara yang digelar HP di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Smart Tank 580 digadang-gadang printer all-in-one budget friendly untuk pengguna rumahan yang membutuhkan pencetakan dengan volume tinggi.

Selain mencetak, Smart Tank 580 bisa melakukan fungsi copy (foto kopi) dan scan.

Karena Smart Tank 580 dibekali dengan sensor tinta, pengguna akan memperoleh notifikasi di aplikasi HP Smart App apabila kapasitas tinta di tanki printer sudah menipis.

Selain itu, Aditya melanjutkan, di HP Smart App tersedia sejumlah fungsi menarik untuk dieksplorasi oleh pengguna rumahan yang menjadi sasaran pengguna HP Smart Tank 580.

"Misalnya, ada konten yang biasa kami sebut sebagai printables. Jenisnya seperti gambar-gambar untuk kegiatan mewarnai bagi anak atau kerajinan dengan melipat kertas," ujarnya.

HP Smart Tank 580 sendiri mampu mencetak dengan ukuran maksimal A4. Kecepatannya mencapai 12 halaman per menit untuk pencetakan hitam putih dan 5 halaman per menit untuk pencetakan warna.

Baca juga: Printer Lemot Saat Mencetak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tinta terbagi menjadi empat botol CMYK yang bisa diisi ulang karena menggunakan sistem tanki. Kapasitas pencetakannya diklaim mencapai 12.000 halaman untuk hitam putih dan 6.000 halaman untuk warna.

Empat tanki tinta CMYK yang bisa diisi ulang di printer HP Smart Tank 580 (kiri). Selain mencetak, perangkat ini juga bisa melakukan foto kopi dan dibekali scannerKOMPAS.com/ OIK YUSUF Empat tanki tinta CMYK yang bisa diisi ulang di printer HP Smart Tank 580 (kiri). Selain mencetak, perangkat ini juga bisa melakukan foto kopi dan dibekali scanner
Dengan monthly duty cycle mencapai 3.000 halaman A4 per bulan (volume rekomendasi 400-800 halaman), HP Smart Tank 580 pun diklaim cocok untuk pengguna rumahan yang membutuhkan pencetakan bervolume tinggi.

Resolusi pencetakan mencapai 1.200 x 1.200 dpi untuk hitam putih dan 4.800 x 1.200 dpi untuk warna. Adapun unit scanner-nya menggunakan tipe flatbed dengan resolusi pemindaian hingga 1.200 dpi.

HP belum mengungkapkan jadwal ketersediaan maupun harga printer Smart Tank 580 di Indonesia. Sekadar informasi saja, di India, HP Smart Tank 580 dibanderol 16.499 rupee atau setara Rp 3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com