Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Pro Max Diprediksi Laris Manis meski Paling Mahal

Kompas.com - 01/09/2023, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone 15 series dalam acara Apple Event pada 12 September 2023. Perangkat tersebut konon datang dengan empat model yang terdiri dari iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max (iPhone 15 Ultra).

Dari seluruh jajaran, iPhone 15 Pro Max diprediksi akan menjadi model paling mahal. Sebab, spesifikasi iPhone 15 Pro Max paling mumpuni dibanding model lain. Meskipun paling mahal, iPhone 15 Pro Max diprediksi akan menjadi model paling laris dibanding "saudaranya".

Prediksi ini diungkap oleh analis kenamaan Apple, Ming-Chi Kuo. Kuo memproyeksikan, iPhone 15 Pro Max akan berkontribusi sebesar 35—40 persen dari seluruh penjualan iPhone 15 series. Artinya, perangkat ini diramal bakal laris manis ketimbang model yang lain.

“iPhone 15 Pro Max, perangkat paling mahal iPhone, bakal berkontribusi 35–40 persen dari penjualan iPhone 15 series dan menjadi penjualan tertinggi,” ungkap Kuo dalam blog Medium pribadinya.

Baca juga: Harga iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max Diprediksi Lebih Mahal Rp 3 Jutaan

Kuo juga memprediksi pengiriman (shipment) iPhone 15 Pro Max akan tumbuh 10-20 persen pada semester II-2024 mendatang secara year over year (YoY). Estimasi ini lebih tinggi ketimbang shipment iPhone 14 Pro Max dalam periode yang sama.

Menurut Kuo, kuatnya pengiriman iPhone 15 Pro Max mendatang disebabkan oleh fitur kamera periskop yang kabarnya hanya akan disematkan di model ini. Konon, lensa periskop di iPhone 15 Pro Max akan mendukung zoom optik hingga 6x, sedangkan zoom optik di iPhone 15 Pro hanya mentok di 3x saja, seperti iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Sebenarnya, fitur kamera perisokop bukan hal baru. Beberapa vendor ponsel Android sudah lebih dulu menyematkan fitur ini, seperti Huawei dan Oppo. Namun, di Apple, iPhone 15 Pro Max akan menjadi model pertama yang mengadopsi teknologi tersebut, apabila rumor ini benar.

Di smartphone, lensa periskop mengandalkan prisma yang memantulkan cahaya ke berbagai lensa internal dengan sudut 90 derajat, langsung ke sensor kamera. Alhasil, ukuran lensa menjadi lebih panjang ketimbang telefofo, membuat hasil zoom optik lebih maksimal.

Kehadiran lensa periskop ini kabarnya akan menjadi jawaban atas permintaan para "Apple Fanboy", julukan bagi penggemar produk Apple, terutama mereka yang menekuni fotografi mobile.

Baca juga: Bocoran Kamera iPhone 15 Pro Max, Punya Sensor Besar dan Lensa Periskop

Harga iPhone 15 series bakal lebih mahal?

Beberapa laporan mengungkapkan bahwa lini iPhone teranyar nantinya akan dijual lebih mahal dari iPhone 14 series. iPhone 15 series diramal naik 100 dollar AS hingga 200 dollar AS (Rp 1,5 jutaan — Rp 3,04 jutaan) di setiap modelnya.

Sementara itu, tampilan dari iPhone 15 dan iPhone 15 Plus kabarnya akan sama dengan iPhone 14 versi “Pro”. Sebab, iPhone 15 non-pro konon juga bakal dilengkapi Dynamic Island, fitur eksklusif yang sebelumnya hanya hadir di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

iPhone 15 series juga digadang-gadang menjadi iPhone generasi pertama yang “meninggalkan” port Lightning menjadi port USB-C untuk pengisian daya dan transfer data, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Mobile Syrup, Kamis (31/8/2023).

Bocoran spesifikasi iPhone 15 series selengkapnya bisa disimak di artikel "iPhone 15 Meluncur Sebentar Lagi, Ini Bocoran Spesifikasinya"

Mengingat iPhone 15 series belum dirilis secara resmi, kemungkinan bocoran spesifikasi yang sudah beredar di internet, akan berbeda. Kita nantikan saja kebenaran bocoran ini pada 12 September 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com