Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadget yang Bakal Dirilis di Apple Event 12 September, Ada iPhone 15?

Kompas.com - 30/08/2023, 14:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Mac

KOMPAS.com - Apple dipastikan akan menggelar acara khusus tahunannya, Apple Event pada 12 September 2023. Acara akan berlangsung di markas Apple, alias Apple Park pada pukul 10.00 waktu Pasifik atau 13 September 2023 pukul 00.00 WIB.

Walau tidak membocorkan produk apa saja yang bakal diluncurkan dalam acara, Apple diduga kuat akan memperkenalkan iPhone teranyarnya yang dinamai iPhone 15 series.

Sebab, merujuk pada “ritual” Apple, perusahaan kerap meluncurkan iPhone generasi terbaru di bulan September. Model yang diperkenalkan nantinya terdiri dari empat perangkat, yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max atau iPhone 15 Ultra.

Baca juga: Apple Bikin Acara Peluncuran 12 September, Rilis iPhone 15?

Selain membawa iPhone baru, Apple juga diyakini akan memperkenalkan sederet produk baru lainnya. Lantas, perangkat apa yang kemungkinan bakal diluncurkan oleh Apple pada 12 September nanti?

iPhone 15 series

Kebaruan yang bakal didatangkan adalah seluruh jajaran iPhone 15 series bakal dilengkapi dengan Dynamic Island. Sebelumnya, fitur dan teknologi ini hanya hadir untuk versi “Pro” saja.

Sebagai informasi, Dynamic Island merupakan poni layar yang memiliki sifat interaktif dan dinamis. Sama seperti namanya, poni ini dapat menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi yang berjalan di latar belakang (background). Misal, aplikasi Maps, Music, Timer, Recorder, dan lainnya.

iPhone 15 Pro Max, model tertinggi dari iPhone 15 series bakal dilengkapi fitur eksklusif lainnya di sektor fotografi, yaitu lensa periskop.

Lensa tersebut konon mendukung zoom optik hingga 6x, sedangkan zoom optik di iPhone 15 Pro hanya mentok di 3x saja. Sama seperti di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Baca juga: Apple Tak Bikin iPhone 15 Pro Max, Inikah Gantinya?

Untuk menunjang performanya, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max bakal ditenagai oleh chip Apple A17 Bionic dengan fabrikasi 3 nm. Sementara itu, untuk versi non-pro, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan ditenagai chip Apple A16 Bionic.

Dummy atau contoh model iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max yang diyakini rilis September 2023.MacRumors Dummy atau contoh model iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max yang diyakini rilis September 2023.

iPhone 15 series juga disebut-sebut menjadi iPhone generasi pertama yang menanggalkan port khas Apple, yakni port Lightning. Sebab, perangkat anyar ini diyakini akan datang dengan port USB-C untuk pengisian daya dan transfer data.

Kabel charger tipe USB-C dikabarkan memiliki tipe kabel braided dan datang dengan warna yang berbeda-beda. Kabel tersebut memiliki panjang 1,5 meter, lebih panjang dari pendahulunya yang “hanya” 1 meter.

Varian warna yang dihadirkan adalah Hitam, Hijau, Biru, Kuning, dan Merah Muda. Untuk versi pro, varian yang dihadirkan tidak terlalu colorfull, yakni Space Black, Silver, Blue, dan Grey.

Baca juga: Chip yang Dipakai iPhone 15 Pro Terungkap dari OS Apple TV

Kebaruan yang dihadirkan ini tentunya akan memengaruhi banderol harga perangkat, khususnya varian pro. iPhone 15 Pro diproyeksikan naik 100 dollar AS (Rp 1,5 juta), sedangkan iPhone 15 Pro Max naik 100 dollar AS—200 dollar AS, setara dengan Rp 1,5 juta — Rp 3 jutaan.

Apple Watch 9 Series

Perangkat yang diperkenalkan selanjutnya adalah Apple Watch 9 series. Konon, perangkat ini bakal membawa sejumlah pembaruan dan peningkatan besar,

Salah satunya terdapat di bagian prosesor. Apple Watch 9 diyakini akan ditenagai prosesor baru bernama S9. Chip tersebut diklaim membawa peningkatan kinerja dan daya baterai yang ditingkatkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com