Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durasi Video Instagram Reels Bakal sampai 10 Menit

Kompas.com - 01/09/2023, 11:20 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Instagram dilaporkan sedang menguji coba durasi Reels jadi lebih panjang. Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh perusahaan di bawah naungan Meta tersebut.

Menurut Instagram, pihaknya memang sedang menguji Reels hingga durasi 10 menit. Durasi ini tercatat lebih lama dibanding Reels saat ini yang hanya bisa memutar video maksimal tiga menit. Pengujian ini dilakukan Instagram secara internal.

Awalnya fitur ini ditemukan oleh insinyur bernama Alessandro Paluzzi. Ia juga membagikan temuannya di Twitter atau kini disebut X.

Baca juga: TikTok Vs IG Reels vs Youtube Shorts, Mana yang Lebih Potensial Hasilkan Cuan?

Menurut tangkapan gambar yang dibagikan Paluzzi melalui akun X berhandle @alex193a, terdapat keterangan bahwa durasi pembuatan Reels bisa sampai 10 menit. Paluzzi juga mengunggah perbandingan durasi Reels 10 menit dari semula hanya 3 menit.

Ketika Reels sudah mendukung durasi 10 menit, pengguna bisa mengunggah konten seperti demo memasak, tutorial make up, konten edukasi komedi, dan lainnya.

Di sisi lain, peningkatan durasi Instagram Reels juga akan membuat fitur berbagi video ini semakin bersaing dengan TikTok. Sebab, video di TikTok juga bisa sampai 10 menit setelah perusahaan menambah durasinya pada Februari 2022.

Selain itu, dukungan video yang panjang juga akan membuat Instagram bisa lebih bersaing dengan YouTube.

Baca juga: Trik Bikin Instagram Reels Lebih Menarik, Ini 5 Caranya

Meski mengonfirmasi pengujian di atas, Instagram belum mengungkap kapan penambahan durasi Reels dirilis ke pengguna.

Bukan hanya perpanjangan durasi Reels, Instagram juga dilaporkan sedang menguji sejumlah fitur baru lainnya. Salah satunya yaitu fitur yang memungkinkan kreator membagikan komentar fans di feed atau Reels ke Stories, dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (1/9/2023).

Bisa tambahkan musik di foto carousel

Pada 12 Agustus lalu, Instagram juga merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna menambahkan musik ke foto carousel, atau foto yang diunggah dalam jumlah banyak sekaligus di feed.

Dengan dukungan itu, pengguna bisa menambahkan background musik ketika mengunggah foto carousel di feed Instagram.

Awalnya, dukungan musik belum tersedia untuk foto carousel Instagram. Jadi, tidak ada background musik yang diputar ketika pengguna melihat unggahan carousel.

Kemunculan fitur ini sebenarnya tidak begitu baru karena Instagram sudah melakukan uji coba yang melibatkan pengguna, termasuk di Indonesia. Uji coba itu diketahui sudah dilakukan sejak awal Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com