Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Clubhouse Jadi Aplikasi Kirim Pesan, Bedanya dengan WhatsApp?

Kompas.com - 07/09/2023, 13:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Clubhouse

KOMPAS.com - Clubhouse meluncurkan fitur baru Chats, yang membuat media sosial berbasis audio ini "banting setir" menjadi aplikasi kirim pesan layaknya WhatsApp dan Telegram.

Namun bedanya, aplikasi kirim pesan Clubhouse ini berbasis suara (audio) alih-alih teks, sesuai dengan "kodratnya" selama ini sebagai media sosial berbasis audio.

Jika dibayangkan, fitur Chats ini nantinya bisa digunakan untuk membuat grup atau ruangan virtual kecil yang terdiri dari beberapa pengguna, bisa jadi teman atau kerabat dekat.

Baca juga: Aplikasi Clubhouse Versi Android Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

Pengguna yang ada di ruangan yang sama, bisa mengirimkan pesan suara kepada seluruh anggota yang bergabung.

 

Ilustrasi fitur Chats di Clubhouse.Clubhouse Ilustrasi fitur Chats di Clubhouse.

Ketika pesan suara dari seorang pengguna dikirim, maka anggota yang juga ada di ruangan virtual yang sama, bisa mendengarkan pesan suara tersebut dengan mengeklik foto profil pengguna yang ingin didengar.

Pesan suara dari masing-masing pengguna di dalam ruangan yang sama juga bisa dimainkan secara otomatis secara berurutan, boleh jadi berdasarkan waktu pengiriman pesan suara tersebut.

Baca juga: Clubhouse Mem-PHK Karyawan, Strategi Perusahaan Dirombak

Dengan begitu, pengalaman mendengar pesan suara dalam satu grup akan mirip seperti kita sedang melihat konten-konten Instagram Stories atau Snapchat. 

Selain fitur percakapan grup berbasis suara yang mengubah fokus aplikasi media sosial ini menjadi aplikasi kirim pesan, Clubhouse juga menghadirkan beberapa fitur lainnya. 

Beberapa di antaranya seperti fitur pesan suara Voice Message (VM) yang menggantikan fitur Direct Message (DM) berbasis teks, serta beberapa perubahan privasi di fitur Open Houses dan Closed Houses.

Untuk ketersediaan, fitur Chats sudah bisa dinikmati via versi terbaru Clubhouse di toko aplikasi Play Store (Android) dan App Store (iOS) mulai hari ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Clubhouse.com, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Cara Daftar Akun Clubhouse di Android

Informasi selengkapnya mengenai fitur terbaru Clubhouse ini, seperti Chats tadi, bisa dibaca dalam tautan berikut ini.

Ramai sejak Covid-19

Aplikasi Clubhouse ramai saat pandemi Covid-19 pada tahun 2021 lalu. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengobrol atau mendengarkan audio tentang berbagai topik dari sejumlah ruangan virtual yang ada di Clubhouse.

Topik tersebut dibagikan oleh pengguna Clubhouse lainnya melalui pesan suara, sehingga pengalaman penggunaan aplikasi ini mirip dengan mendengarkan konten siniar (podcast).

Selain mendengarkan audio, pengguna juga bisa mengutarakan pendapat mereka langsung via suara, mirip seperti fitur Twitter Spaces.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com