Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Segarkan Browser Chrome di Momen Ulang Tahun ke-15

Kompas.com - 08/09/2023, 15:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi


KOMPAS.com
- Peramban (browser) Google Chrome resmi menginjak usia 15 tahun pada September ini.

Bersamaan dengan momen ini, Google merilis pembaruan antarmuka (UI) dan sejumlah peningkatan sistem untuk browser Google Chrome. Adapun hal ini disampaikan oleh Parisa Tabriz selaku Vice President Chrome.

"Untuk merayakan ulang tahun Google Chrome yang ke-15, kami memberi browser tersebut tampilan baru di desktop, dan meluncurkan beberapa peningkatan sistem," tulis Tabriz dalam blog resmi Google.

"Dengan demikian, pengalaman browsing di Google Chrome menjadi lebih mudah, cepat, dan aman," imbuhnya.

Baca juga: Browser Default Chrome Berubah Jadi Bing? Begini Cara Mengembalikannya

Upgrade antarmuka

Soal antarmuka, kini browser Google Chrome mengusung bahasa desain Google, "Material You", yang dulunya diluncurkan bersamaan dengan sistem operasi (OS) Android 12.

Material You adalah bahasa desain yang modern, kohesif, dan mengutamakan kustomisasi, sehingga browser terasa lebih personal bagi pengguna.

Tampilan baru Google Chrome sudah ditunjukkan lewat blog resmi raksasa teknologi tersebut.

Melihat gambar di bawah ini, browser Google Chrome tampak memiliki sudut yang membulat, berbeda dengan desain lawas yang memiliki sudut tajam.

Google Chrome mengadopsi desain modern baru berbasis Material YouGoogle Google Chrome mengadopsi desain modern baru berbasis Material You
Setiap ikon makin terbaca, misalnya tombol "Bookmark", "Back", "Refresh" dengan desain yang lebih tebal dibanding sebelumnya. Pengguna juga bisa melihat bagian kiri tab browser yang kini memuat ikon mirip dropdown.

Selanjutnya, ketika mengeklik tombol titik tiga yang terletak di kanan atas browser, pengguna dapat melihat menu ekstensi, Google Translate, Google Password Manager, dan lain sebagainya yang lebih komprehensif.

Ikon tiga titik di Google Chrome menghadirkan sejumlah menu baru, dan dikemas dengan desain baru.Google Ikon tiga titik di Google Chrome menghadirkan sejumlah menu baru, dan dikemas dengan desain baru.
Bila dibandingkan dengan Chrome lawas, terdapat sejumlah menu baru seperti "Clear browsing data", "Search this page with Google", dan "Save and share". Setiap menu kini juga ditemani oleh ikon yang terletak di sebelah kiri menu tersebut.

Baca juga: Browser AI Opera One Sudah Bisa Di-download oleh Semua, Ini Link-nya

Mengambil contoh "Search this page with Google", menu ini akan membuka jendela pencarian di sebelah kanan browser, sehingga pengguna bisa menemukan penelusuran terkait, atau memulai penelusuran lainnya.

Saat mengeklik opsi "Customize Chrome" yang terletak di bawah kanan peramban, pengguna bisa melakukan kustomisasi browser dengan 15 pilihan warna default. Pengguna juga dapat memilih warna sesuka hati dengan memilih opsi "Custom color".

Google Chrome versi baru menghadirkan menu Light mode dan Dark mode di pengaturan kustomisasiGoogle Google Chrome versi baru menghadirkan menu Light mode dan Dark mode di pengaturan kustomisasi
Terdapat pula tombol baru "Light" dan "Dark", untuk memilih apakah pengguna ingin menggunakan tema terang atau gelap.

Nah, pengguna bisa menentukan agar tampilan browser Google Chrome berbeda, saat menggunakan akun pribadi dan saat menggunakan akun untuk bekerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com