Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganet Indonesia Bisa "Scrolling" TikTok Sambil Buka Aplikasi Lain

Kompas.com - 08/09/2023, 08:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna TikTok di Indonesia kini bisa scrolling atau melihat-lihat linimasa TikTok mereka, sambil membuka aplikasi lain. Pasalnya, TikTok merilis fitur Picture-in-Picture (PiP) untuk aplikasi mobile dan situs Tiktok.com.

Fitur ini memudahkan pengguna untuk menonton video TikTok sambil melakukan aktivitas lain, misalnya, sambil membalas pesan di aplikasi lain.

Pantauan KompasTekno, Jumat (8/9/2023) pagi, fitur Picture-in-Picture sudah tersedia di aplikasi TikTok versi 31.2.3 di Android dan situs Tiktok.com. Meski demikian, fitur ini belum disebar secara merata kepada semua pengguna.

Tombol untuk mengaktifkan fitur Picture-in-Picture ini bisa ditemukan di sebelah menu "Playback speed".

Tampilan video TIkTok di ponsel dalam mode Picture-in-Picture. Video TikTok tetap bisa diputar ketika pengguna membuka aplikasi lain seperti Instagram, WhatsApp, atau home screen.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan video TIkTok di ponsel dalam mode Picture-in-Picture. Video TikTok tetap bisa diputar ketika pengguna membuka aplikasi lain seperti Instagram, WhatsApp, atau home screen.
Ketika fitur Picture-in-Picture diklik, pengguna akan otomatis keluar dari aplikasi TikTok. Kemudian, video TikTok secara otomatis diputar dalam sebuah jendela yang lebih kecil.

Seperti namanya Picture-in-Picture, video TikTok di jendela kecil mengambang (floating window) ini bisa tetap berjalan di atas aplikasi lain.

Jadi, pengguna bisa membuka aplikasi WhatsApp, Google, Instagram, Zoom, YouTube, dan lain sebagainya, sambil tetap scrolling TikTok.

Baca juga: TikTok Vs IG Reels vs Youtube Shorts, Mana yang Lebih Potensial Hasilkan Cuan?

Floating window ini dilengkapi dengan ikon next untuk memutar video TikTok selanjutnya, ikon previous untuk memutar video sebelumnya, serta ikon play/pause untuk memutar dan menjeda video.

Ada juga ikon "X" untuk metutup jendela tersebut, dan ada pula ikon full screen untuk membuka video TikTok dalam layar penuh serta kembali ke aplikasi TikTok.

TIkTok punya fitur baru Picture-in-Picture. Dengan fitur ini, video di tiktok.com di PC diputar di jendela kecil mengambang (floating window)dan bisa tetap berjalan di atas aplikasi lain. Dalam foto ini, video TikTok tetap berjalan di atas aplikasi WhatsApp dan Google Chrome.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto TIkTok punya fitur baru Picture-in-Picture. Dengan fitur ini, video di tiktok.com di PC diputar di jendela kecil mengambang (floating window)dan bisa tetap berjalan di atas aplikasi lain. Dalam foto ini, video TikTok tetap berjalan di atas aplikasi WhatsApp dan Google Chrome.
Di ponsel, floating window TikTok ini bisa digeser penempatannya di sisi kanan atau kiri layar. Namun, tidak bisa diposisikan di tengah dan jendela ini tidak bisa diatur ukuran besar-kecilnya.

Berbeda dengan di ponsel, pengguna yang menggunakan fitur Picture-in-Picture di PC bisa menempatkan floating window TikTok di manapun mereka mau. Jendela mengambang ini juga bisa diatur ukurannya.

Baca juga: Apa Itu Shadow Ban TikTok dan Penyebabnya

Bagi Anda yang belum kebagian, jangan berkecil hati. Sebab, pantauan KompasTekno, Jumat (8/9/2023), beberapa perangkat yang kami gunakan juga masih ada yang belum kebagian fitur ini.

TikTok tampaknya merilis fitur ini secara bertahap kepada semua pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com